Artikel

Presiden Jokowi Ajak Presiden Turki Erdogan Cs Hentikan Agresi Israel ke Palestina

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Jokowi telah berbicara dengan sejumlah pimpinan negara untuk membahas situasi terkini yang terjadi di Palestina.

"Dalam beberapa hari terakhir saya berbicara dengan Presiden Turki, Yang Dipertuan Agong Malaysia, PM Singapura, Presiden Afghanistan, Sultan Brunei Darussalam, dan PM Malaysia," kata Presiden Jokowi, dikutip melalui akun Twitternya, Sabtu (15/5).

Presiden mengatakan, para pemimpin mengaku sangat prihatin dengan situasi yang terjadi di Palestina. Setidaknya 120 warga sipil tewas sejak awal mula kekerasan, di mana 113 di antaranya adalah warga Palestina dan 7 warga Israel.

"Indonesia mengutuk keras serangan Israel yang telah mengakibatkan hilangnya nyawa ratusan orang, termasuk perempuan dan anak-anak. Agresi Israel harus dihentikan," tegas Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yassin juga menyatakan, Malaysia dan Indonesia berpandangan sama, bahwa masyarakat internasional harus bertindak cepat hentikan agresi Israel terhadap Palestina.

"Kami memiliki pandangan yang sama bahwa masyarakat internasional, terutama Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), harus bertindak cepat untuk menghentikan segala bentuk kekerasan yang dilakukan oleh Israel, dan menyelamatkan nyawa warga Palestina," kata Muhyiddin dikutip dari Reuters via Kontan.id, Sabtu (15/5).

Menurut PM Muhyiddin, hingga saat ini DK PBB belum mengeluarkan pernyataan mengenai situasi terkini di Palestina.

"Hingga saat ini, DK PBB belum mengeluarkan pernyataan mengenai situasi terkini di Palestina karena ada pertentangan dari AS," kata PM Muhyiddin. (WIL)