Artikel

Presiden Jokowi: Iduladha Momentum Kuatkan Solidaritas Bangsa

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Hari Raya Iduladha dimaknai oleh Presiden Jokowi sebagai momentum untuk semakin menguatkan solidaritas bangsa Indonesia untuk bangkit dari dari pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya pada acara Takbir Akbar Hari Raya Iduladha 142 H secara virtual, Presiden menilai Iduladha mengandung pesan mulia berupa pengorbanan dan kemanusiaan yang pantas menjadi pegangan bagi bangsa dan negara.

“Inilah momentum untuk menguatkan solidaritas dalam semangat persaudaraan. Ukhuwah islamiah, ukhuwah wathaniah, dan ukhuwah insaniah yang akan mampu melipatgandakan energi kita untuk menghimpun kekuatan, optimistis untuk bangkit bersama,” ujar Presiden.

Presiden menambahkan, meski Iduladha tahun ini diperingati secara sederhana, namun hal itu jangan sampai mengurangi kekhidmatan dalam menyampaikan segenar rasa syukur atas nikmat Allah.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga mengajak merefleksikan kisah Nabi Ibrahim as. Menurut Presiden, sosok dan kisah Nabi Ibrahim sangat layak diteladani dan diambil hikmahnya. Dari sosok Nabi Ibrahim, kata Presiden, ada banyak pesan berupa pengorbanan, keimanan, ketakwaan bahkan hingga keikhlasan.

“Di tengah pandemi saat ini, kita perlu kesediaan lebih banyak berkorban lagi. Mengorbankan kepentingan pribadi dan mendahulukan kepentingan masyarakat, serta sesama,” tuturnya.

Selain refleksi diri, Presiden juga berpesan kepada semua pihak untuk memaksimalkan upaya menangani pandemi Covid-19. Ada dua upaya yang bisa dilakukan, menurut Presiden, pertama upaya lahiriah dan kedua batiniah.

Batiniah dilakukan dengan memperbanyak doa dan bertakbir serta berzikir dari rumah masing-masing. Sementara usaha lahiriah, kata Presiden dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan, isolasi bagi yang terpapar, dan memberi bantuan kepada sesama.

Dalam kesempatan tersebut, tak lupa Presiden mengajak masyarakat untuk berdoa memohon pertolongan dan kesembuhan bagi masyarakat yang sakit, dan juga kekuatan bagi para pejuang kemanusiaan.

“Semoga Allah Swt meridai dan memudahkan semua upaya dan langkah-langkah kita sampai kita mencapai kemenangan melawan pandemi Covid-19 ini,” ucap Kepala Negara. (WIL)


0 komentar untuk “Presiden Jokowi: Iduladha Momentum Kuatkan Solidaritas Bangsa”
Berikan Komentar: