Artikel

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan

 
 | Arus Baik

Bendungan Tapin yang terletak di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, dibangun sejak 2015 lalu dan telah diresmikan Presiden Joko Widodo Kamis (18/2/2021).

"Dan dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim hari ini saya resmikan Bendungan Tapin di Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan," ucap Jokowi, Kamis (18/2/2021).

Presiden Joko Widodo menyebut, bendungan ini memiliki kapasitas 56,7 juta meter kubik air dan memiliki peran penting dalam memperkuat ketahanan pangan sebab bisa memberikan pengairan pada ribuan hektar sawah masyarakat.

"Jadi Pak Gubernur juga menyampaikan bahwa karena adanya Bendungan Tapin ini banjir di Kabupaten Tapin bisa dikurangin sangat drastis sekali. Hanya kecil sekali daerah yang terkena banjir. Karena Tapin memiliki bendungan ini," ujarnya.

Bendungan Tapin termasuk dalam program pembangunan 65 bendungan besar di Indonesia yang digagas Presiden Joko Widodo.

Bendungan yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Rantau, ibu kota Kabupaten Tapin, ini juga diproyeksikan untuk memasok listrik di Kalsel dan mencegah banjir. 

Bendungan Tapin direncanakan untuk menjadi sumber air untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan akan menghasilkan daya listrik sebesar 3,30 megawatt (MW).

Presiden Jokowi menyampaikan harapannya kepada masyarakat agar Bendungan Tapin dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menjadi daya tarik wisata.

"Kami juga mengharapkan bahwa masyarakat kami di sini tidak hanya sebagai penonton, Pak, tetapi kami ingin perubahan agar masyarakat diberdayakan melalui desa pariwisata. Yang kami inginkan, Pak untuk desa pariwisata di tempat ini karena akan terbuka usaha untuk masyarakat di sini," ujar warga tersebut kepada Jokowi.

Sumber: Kompas.com, finance.detik.com, Sindonews.com


0 komentar untuk “Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan”
Berikan Komentar: