Artikel

Presiden: Keselamatan Awak Kapal Nanggala-402 Jadi Prioritas Utama

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk melakukan upaya optimal untuk melakukan pencarian dan penyelamatan Kapal Selam KRI Nanggala-402 beserta seluruh awak kapal yang ada di dalamnya.

Presiden mengatakan, dirinya telah memerintahkan Panglima TNI, KASAL, dan Basarnas, bersama-sama dengan instansi terkait lainnya, untuk mengerahkan segala kekuatan dalam upaya pencarian dan penyelamatan.

"Prioritas utama adalah keselamatan 53 awak kapal," tegas Presiden seperti dikutip dari laman Setkab, Kamis (22/4).

Presiden menjelaskan, dirinya mendapat laporan kapal selam Nanggalan-402 telah hilang kontak pada Rabu (21/4) kemarin dari Menteri Pertahanan Panglima TNI, serta Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL).

Sejak itu, imbuhnya, Pemerintah terus berupaya untuk melakukan pencarian dan penyelamatan seluruh awak yang ada di kapal selam tersebut.

Presiden juga menyampaikan rasa prihatin kepada keluarga awak kapal. Presiden mengaku paham betul bagaimana perasaan para keluarga saat ini.

"Tapi sekali lagi, pemerintah telah dan akan terus mengupayakan yang terbaik dalam pencarian dan penyelamatan seluruh awak yang ada di dalam kapal selam tersebut,” lanjutnya.

Presiden juga mengajak seluruh masyarakat untuk mendoakan agar upaya pencarian dan penyelamatan ini dilancarkan, diberikan kemudahan untuk menemukan kembali KRI Nanggala-402. (WIL)