Artikel

Presiden Minta Insan Pramuka Jadi Pelopor dan Penegak Disiplin Prokes

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Peran serta Pramuka dalam penanganan pandemi Covid-19 mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kepala Negara juga meminta Pramuka menjadi teladan dan pelopor kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi tersebut dalam upacara Peringatan Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021 yang digelar melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (14/8/2021).

"Inilah jiwa Pramuka sejati yang tertuang dalam Dwi Darma, Tri Satya, dan Dasa Darma Pramuka, terpanggil, rela berkorban untuk membantu sesama tanpa melihat perbedaan suku, agama, dan golongan," kata Presiden Jokowi dikutip dari keterangan resmi Sekretariat Negara, Sabtu (14/8).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap Pramuka Indonesia bisa menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat sekitar. Pramuka Indonesia juga harus tangguh menghadapi setiap tantangan, menggalang kepedulian kepada sesama, bersedia berkorban, suka menolong, serta membantu meringankan beban sesama.

"Pramuka Indonesia juga harus menjadi pelopor kedisiplinan, terutama disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, disiplin memakai masker, disiplin menjaga jarak, disiplin untuk mencuci tangan di setiap saat, dan disiplin untuk menghindari kerumunan," jelasnya.

Selain menjadi teladan dan pelopor kedisiplinan, Pramuka Indonesia juga harus berada di barisan terdepan untuk melindungi diri, melindungi teman-teman, dan melindungi keluarga dari penyebaran Covid-19.

"Kalau ada teman yang tidak mematuhi protokol kesehatan diingatkan, beri penjelasan, beri pengertian. Kalau ada teman yang sudah berusia diatas 12 tahun yang belum divaksin ajak untuk segera divaksin," tuturnya.

Terakhir, Presiden Jokowi meminta seluruh anggota Pramuka Indonesia untuk terus giat belajar, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta selalu adaptif mengikuti perkembangan zaman dengan cepat, fleksibel, dan cerdik.

"Jangan pernah lupa dengan identitas bangsa, membangun karakter kebangsaan yang kokoh, mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang sejati menjaga NKRI dan juga merawat kebhinekaan. Pramuka Indonesia harus selalu optimis melihat masa depan, terus membangun harapan tentang kejayaan Indonesia," ujar Presiden. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: