Artikel

Presiden Minta Stok Vaksin Covid-19 Segera Dihabiskan untuk Rakyat

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan program vaksinasi Covid-19 untuk dipercepat dan memastikan stok vaksin dihabiskan untuk rakyat.

"Sesuai dengan arahan Pimpinan kita, (vaksinasi) kita akan lebih masifkan lagi, dan tidak ada stok (vaksin Covid-19), harus terpakai semua. Jadi, program vaksinasi daerah hendaknya betul-betul segera dilaksanakan," kata Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito dalam video yang ditayangkan YouTube BNPB, Senin (7/6).

Ganip menambahkan, Presiden Jokowi ingin memastikan semua vaksin dipergunakan secara total untuk rakyat.

"Pesan Presiden, tidak boleh ada stok, tidak nyetok, manajemen stok (vaksin Covid-19) tidak perlu. Habiskan. Lakukan, karena semua itu untuk rakyat," tegas Ganip.

Program vaksinasi Covid-19 adalah bagian dari percepatan penanganan pandemi. Vaksinasi Covid-19 diharapkan bisa mempercepat terbentuknya kekebalan komunal (herd immunity) guna mengakhiri pandemi.

Ganip menyampaikan agar masing-masing daerah yang sudah menerima vaksin untuk betul-betul melaksanakan vaksinasi dan terus menjaga koordinasi dengan Kementerian Kesehatan.

"Jadi, program vaksinasi daerah hendaknya betul-betul segera dilaksanakan. Karena vaksinnya itu sendiri sudah ada di daerah. Maupun kalau daerah sudah habis, bisa juga langsung berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan," ujar Ganip.

Sebagai informasi, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, kecepatan vaksinasi Covid-19 saat ini ada di angka 500.000 suntikan per hari. Adapun stok vaksin Covid-19 yang dimiliki Indonesia pada bulan ini adalah sekitar 20 juta dosis vaksin. (ACD)