Artikel

Presiden: Pelaku Transportasi Perlu Jadi Prioritas Vaksinasi

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta. Vaksinasi yang menyasar pelaku transportasi dan pedagang di sekitar terminal ini, menurut Presiden Jokowi, perlu diberikan prioritas.

"Pagi hari ini kita melakukan vaksinasi di Terminal Kampung Rambutan yang kita berikan kepada para pelaku transportasi karena Kampung Rambutan adalah hub transportasi," ujar Presiden Jokowi dalam keterangan resminya, Kamis (10/6.)

Menurut Presiden Jokowi, target sasaran vaksinasi di terminal ini perlu diprioritaskan. Alasannya, tingkat interaksi para pelaku transportasi ini sangat tinggi.

"Kemudian mobilitas ke luar kota juga sangat tinggi sehingga kita berikan prioritas," jelasnya.

Sedikitnya ada 1.000 orang yang mendapat vaksinasi di ajang tersebut. Presiden berharap vaksinasi ini bisa memberi perlindungan kepada penerima dari penularan Covid-19.

"Kita harapkan dari kurang lebih 1.000 (orang) pada hari ini yang divaksinasi ini akan memberikan perlindungan terhadap penyebaran Covid-19," tandasnya.

Sebagai informasi, vaksinasi di Terminal Kampung Rambutan akan berlangsung selama 12 hari dengan sasaran vaksinasi sebanyak 5.000 orang.

Sebanyak 4.000 di antaranya merupakan pelaku transportasi mulai dari pengemudi bus, pengemudi angkot, petugas teknis operasi bus, petugas administrasi, hingga petugas loket. Sedangkan 1.000 orang lainnya merupakan para pedagang warung atau kios di terminal.

Data yang tercantum di Covid19.go.id mengatakan, per 9 Juni 2021 angka vaksinasi ipertama di Indonesia secara total mencapai 18.718.769. Sementara untuk vaksinasi kedua mencapai 11.436.259. Adapun target total vaksinasi adalah 181.554.465. (ACD)