Artikel

Presiden Pimpin Upacara Ziarah Peringatan Hari Pahlawan

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Dalam rangka Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November setiap tahunnya, Presiden Joko Widodo memimpin upacara ziarah nasional.

Bertindak sebagai inspektur upacara, untuk tahun ini, 2021, upacara dilakukan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta.

Berdasarkan siaran pers yang diterima dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, orang nomor satu di Indonesia ini tiba di lokasi pukul 07.52 WIB.

Saat tiba di lokasi, Presiden langsung disambut oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Komandan Garnisun Tetap I/Jakarta Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya.

Selanjutnya, Komandan Upacara Kolonel Mar. Danuri memulai rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan dengan khusyuk dan hening.

Setelah itu, untuk mengenang peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, sirene dibunyikan selama satu menit.

Satu menit berlalu, Presiden langsung memimpin prosesi mengheningkan cipta, kemudian meletakkan karangan bunga dan diikuti dengan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan. Pembacaan doa dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Dengan didampingi oleh sejumlah jajaran terkait, Kepala Negara bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin melaksanakan prosesi tabur bunga di pusara sejumlah pahlawan.

Tabur bunga yang dilakukan diantaranya di makam B.J. Habibie, Ainun Habibie, Taufiq Kiemas, Ani Yudhoyono, Umar Wirahadikusumah, Soedarmono, Adam Malik, para pahlawan revolusi, hingga pahlawan pangkat terendah dan pahlawan tak dikenal.

Dalam kesempatan tersebut, jajaran yang mendampingi Presiden dan Wapres yakni, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin, dan Ketua Komisi Yudisial Mukti Fajar Nur Dewata.

Hadir pula Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md., Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Kemudian Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letjen TNI Bakti Agus Fadjari.

Tak lupa, Presiden juga menyampaikan selamat Hari Pahlawan di media sosial resminya.

Disertai gambar Bung Tomo dan tenaga kesehatan yang membawa Sang Merah Putih, Presiden menyebut ujian zaman tak berkurang, tapi bangsa Indonesia makin kokoh bagaikan karang.

"Krisis, resesi, dan pandemi akan dapat kita lalui berkat para pejuang yang selalu hadir di semua palagan pengabdian saat dibutuhkan," tulis Presiden Jokowi. (DIN)