Artikel

Presiden Terima Aktivis Lingkungan yang Jalan Kaki dari Danau Toba

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo menerima kedatangan aktivis lingkungan, Togu Simorangkir di Istana Merdeka, Jumat (6/8). Togu datang dari Danau Toba, Sumatera Utara berjalan kaki dengan maksud menyampaikan masalah lingkungan dan konflik lahan di daerahnya.

Togu dan sejumlah rekannya berjalan kaki sejauh itu untuk menyatakan protes atas dugaan pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh PT Toba Pulp Lestari (TPL). Selain itu, TPL juga sempat bentrok dengan masyarakat adat di Natumingka, Sumatera Utara.

Dalam keterangannya usai bertemu Presiden, Togu mengaku diterima dengan baik oleh Kepala Negara. Bahkan Presiden juga mendukung isu yang dibawanya agar kelestarian lingkungan di wilayah Danau Toba tetap terjaga.

"Tujuan dari aksi ini sebenarnya visinya itu adalah kelestarian Danau Toba untuk kesejahteraan generasi mendatang. Dengan misi aksi ini kita ingin mencari perhatian publik. Kita ingin mengatakan bahwa ini lho di Danau Toba, di Tano Batak sedang ada masalah," ujar Togu.

Togu menambahkan, saat bertemu Presiden ia juga menyampaikan tuntutan selaku perwakilan Tim 11 Aliansi Gerak Tutup TPL. Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) harus diselamatkan dari aktivitas pencemaran lingkungan.

"Bapak Presiden mengatakan tadi kerusakan-kerusakan lingkungan yang sudah terjadi, mari kita tanami. Pemerintah siap memberikan bibit pohonnya, dan rencananya Bapak Presiden akan datang November atau Desember untuk melakukan penanaman bersama dengan Tim 11 dan masyarakat adat," jelasnya. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


0 komentar untuk “Presiden Terima Aktivis Lingkungan yang Jalan Kaki dari Danau Toba”
Berikan Komentar: