Artikel

Presiden Tinjau Vaksinasi Massal di Maluku

 
 | Arusbaik

Presiden Joko Widodo hari ini meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang dilakukan Rumah Sakit Umum Pusat dr. J. Leimena, di Kota Ambon, Maluku.

“Hari ini, saya meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di tiga lokasi, yakni Pelabuhan Yos Sudarso, dan RSUP Dr. J. Leimena di Ambon, dan di Dermaga Huseka'a Hitu, Maluku Tengah,” ujar Jokowi dalam cuitan di akun Twitter (25/3), terkait kunjungan kerja ke Provinsi Maluku.

Vaksinasi massal di RSUP dr. J. Leimena diikuti 270 orang yang antara lain terdiri dari warga usia lanjut, tenaga pengajar, tokoh agama, dan pekerja publik.  

Presiden yang mengenakan kemeja putih dan celana hitam memantau tahapan vaksinasi, mulai dari registrasi ulang, penapisan atau identifikasi kesehatan, penyuntikan dosis vaksin, hingga observasi.

Ikut dalam peninjauan tersebut Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Maluku Murad Ismail. 

Dalam keterangan yang disiarkan channel Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi berharap proses vaksinasi dapat segera diselesaikan sesuai dengan target yang sudah ditetapkan.

“ Seperti dikatakan Gubernur tadi, di seluruh Provinsi Maluku telah divaksinasi sebanyak 116 ribu, dan khusus di Kota Ambon sebanyak 30 ribu. Ini setiap hari terus berproses, dan kita harapkan sesuai dengan target dapat kita selesaikan, sehingga segera terbentuk kekebalan komunal,” katanya. 

Lewat akun Twitter, Jokowi menuliskan informasi bahwa tahap selanjutnya vaksinasi massal di Maluku akan menyasar 116.337 lansia dan 174.805 pekerja publik.

Usai meninjau vaksinasi, Presiden meresmikan RSUP dr. J. Leimena dengan ditandai penandatanganan prasasti. “Setelah groundbreaking di tahun 2017, pada hari ini kita lihat pembangunan Rumah Sakit dr. J. Leimena di Ambon telah selesai,” ujarnya.

Jokowi berharap RSUP pertama di kawasan Indonesia Timur ini dapat memberikan pelayanan kesehatan yang prima untuk masyarakat Indonesia Timur, khsusnya di Provinsi Maluku dan lebih khusus lagi di Kota Ambon.