Artikel

Presiden-Wapres Kerja Keras, Mayoritas Publik Jadi Puas

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Hasil survei nasional menunjukkan mayoritas publik merasa puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Survei ini dilakukan oleh Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic).

Direktur Eksekutif Indostrategic Khoirul Umam mengatakan sebanyak 60,4 persen publik puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

"Kalau kita gabungkan dari mereka yang sangat puas dan puas gabungannya ada di angka 60,4 persen, sementara yang tidak puas dan sangat tidak puas berada di angka 35 persen," katanya dikutip dari Kompas.com, Rabu (4/8).

Secara rinci, sebanyak 8,15 persen responden menyatakan sangat puas dengan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, 52,25 persen menyatakan puas. Sementara 30,65 persen responden menyatakan tidak puas dan 4,35 persen menyatakan sangat tidak puas. Sedangkan 4,6 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Menurut Umam, angka kepuasan tersebut relatif masih tinggi. Sebelumnya, hasil survei sejumlah lembaga survei lain juga menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi-Ma'ruf mencapai angka 70 persen.

Untuk diketahui, survei dilakukan pada 23 Maret - 1 Juni 2021 dengan wawancara tatap muka terhadap 2.400 responden di 34 provinsi. Metode penarikan sampel dilakukan melalui multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan tingkat margin of error 2 persen. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: