Artikel

Produk Domestik Bruto Indonesia Diprediksi Masuk 5 Besar Dunia

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Indonesia memiliki ukuran dan peluang bisnis yang sangat besar. Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2021 berada di kisaran 4,5 sampai 5,5 persen. Dalam waktu setahun, Indonesia harus mampu membalikkan kondisi dari minus 2,19 persen menjadi plus 5 persen, atau bahkan lebih.

Salah satu langkah agar target terealisasi, Kepala Negara meminta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia untuk menjembatani antara investor baik asing maupun dalam negeri dengan pengusaha di daerah. Langkah ini sangat membantu peluang usaha yang terbuka lebar dan mampu membuka lapangan kerja, dan yang pasti dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

Apalagi pandemi Covid-19 berdampak pada banyaknya UMKM yang gulung tikar. Menurut laporan hasil survei Asian Development Bank (ADB) menyebutkan sekitar 50 persen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menutup usahanya. Sementara itu, 88 persen usaha mikro tidak lagi memiliki tabungan. Untuk itu, pemerintah harus segera melakukan tindakan, salah satunya investasi.

“Ini kuncinya ada di Pak Bahlil, Kepala BKPM. Tiap hari saya telepon, saya tanya terus, berapa persen bisa (realisasi) tahun ini, berapa triliun bisa naik, siapa yang masuk, sudah sampai mana, targetnya tercapai tidak? Tiap hari,” ujar Presiden Jokowi, pada Jumat (5/3).

Selain Indonesia memiliki peluang bisnis yang besar, daya beli rakyatnya juga sangat besar. Ini terlihat dari Indeks Konsumsi Indonesia yang meningkat hingga pada Januari 2021 di angka 84,9 padahal sebelumnya pada Oktober 2020 berada di angka 79. Data ini sudah menunjukkan sinyal positif, terlebih Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia di tahun 2020 masuk 15 besar PDB dunia.

Presiden melihat dengan hilirisasi dan industrialisasi bahwa Indonesia akan berhasil mentransformasi ekonomi. Peluang bisnis di Indonesia sangar besar. Pasar domestik berupa 270 juta penduduk juga merupakan pasar yang sangat besar. Jika strategi ini sukses dilakukan, Indonesia dapat menjadi negara lima besar yang memiliki ekonomi terkuat di dunia.

“Banyak lembaga-lembaga dunia yang memprediksi Indonesia akan menempati posisi lima besar dengan PDB terkuat di dunia. Pada tahun 2021, PDB kita diprediksi akan kembali, tadi sudah saya sampaikan pada angka 4,5 hingga 5,5 persen,” ujar Presiden Jokowi.


0 komentar untuk “Produk Domestik Bruto Indonesia Diprediksi Masuk 5 Besar Dunia”
Berikan Komentar: