Artikel

Punya Saran untuk Perbaikan TMII? Sampaikan Lewat Kanal Ini!

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Punya ide dan saran untuk perbaikan dan pengembangan Taman Mini Indonesia Indah (TMII)? Sekarang saatnya sampaikan aspirasi dan ide-ide Teman Baik melalui kanal yang disiapkan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Awal April lalu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengumumkan pengelolaan TMII resmi berpindah ke Kemensetneg. Terkait hal itu, pihaknya akan memfasilitasi penyerapan aspirasi publik terkait pengembangan dan pengelolaan kawasan tersebut.

"Hal ini dilakukan sebagai komitmen untuk meningkatkan perbaikan pengelolaan aset negara, menyusul diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kemensetneg Eddy Cahyono Sugiarto dalam keterangan persnya, Senin, (12/4/2021).

Masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya melalui kanal media Kemensetneg, yakni email di humas@setneg.go.id, Instagram @Kemensetneg.ri, Twitter KemensetnegRI, dan Facebook Kementerian Sekretariat Negara RI.

Lebih lanjut, Eddy berharap masyarakat luas dapat terus memberikan masukan melalui kanal-kanal aspirasi TMII yang ada, sehingga dapat mengakselerasi pencapaian kawasan TMI.

"Antara lain harapan agar pengelolaan TMII ke depan berbasis konsep 4.0, edukasi nusantara yang dikemas lebih modern, melibatkan partisipasi budayawan, seniman, duta wisata, dan duta budaya, perbaikan sarana dan prasarana serta lebih memperhatikan lingkungan," katanya.

Diharapkan, TMII bisa menjadi kawasan pelestarian dan pengembangan budaya bangsa, sarana wisata edukasi bermatra budaya nusantara, mempertebal rasa cinta tanah air, dan membina rasa persatuan serta kesatuan bangsa.

Sebelumnya, TMII sudah hampir 44 tahun dikelola oleh Yayasan Harapan Kita (YHK). Namun, resmi sejak 1 April 2021, pengelolaan TMII berpindah ke Kemensetneg.

Kemensetneg akan melakukan penataan kawasan tersebut sebagaimana yang telah dilakukan pada kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dan Kemayoran.

Jadi, kalau Teman Baik punya saran dan ide bagus untuk pengembangan kawasan seluas 1.467.704 meter persegi atau 146,7 hektare itu, jangan lupa disampaikan lewat saluran-saluran yang disebutkan di atas, ya!