Artikel

Ragam Tradisi Perayaan Idulfitri di Berbagai Negara

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Idulfitri identik dengan kemenangan. Berhasil menang melawan hawa nafsu setelah sebulan berpuasa. Di setiap negara pasti punya tradisi tersendiri untuk merayakan Idulfitri. Seperti apa? Berikut rangkumannya dikutip dari Tirto.id dan Liputan6.com.

China

Tradisi masyarakat China dalam merayakan Lebaran adalah membersihkan makam leluhur dan menghidangkan makanan, seperti mi. Biasanya para pria akan mengenakan jas dan peci berwarna putih, sementara perempuan akan memakan baju hangat serta kerudung setengah tertutup.

Afrika

Umat muslim di Afrika biasa melakukan tukar hadiah dengan saudara maupun kerabat. Makanan khas Afrika Selatan yang umum dihidangkan di hari Lebaran bernama Samosas dan Tagin/Tagines.

Arab Saudi

Tradisi di Arab Saudi saat Lebaran adalah melakukan pertunjukan seni serta menghias rumah. Idulfitri di Arab Saudi juga biasa dirayakan dengan acara makan olahan daging domba atau makanan khas bernama Ouzi.

Abu Dhabi

Biasanya masyarakat Abu Dhabi mengisi hari raya dengan berwisata ke tempat hiburan, berkuliner, serta berpesta. Idulfitri di Abu Dhabi biasa dirayakan sepanjang hari hingga malam di taman bermain dan wahana musik. Para pengunjung biasanya diberi akses gratis ke wahana tersebut.

Turki

Di Turki, masyarakat akan memulai perayaan Idulfitri dengan melakukan salat Id. Kemudian, anak-anak akan berkeliling mengunjungi rumah warga sekitar, biasanya pemilik rumah akan memberikan kudapan manis. Salah satu makanan manis khasnya adalah baklava.

Mesir

Selesai salat Id, umat Muslim di Mesir akan menantikan balon warna-warni yang dijatuhkan dari atas masjid El-Seddik, Kairo. Mengunjungi keluarga menjadi suatu keharusan di hari pertama Idulfitri. Di hari kedua dan selanjutnya, biasanya mengunjungi tempat hiburan, seperti bioskop, teater, atau pantai. Sharm El Sheikh, sebuah area wisata air sering jadi tempat liburan yang dituju.

Afganistan

Dikutip dari Liputan6.com, Idulfitri di Afganistan dirayakan dengan perang telur atau disebut Tokhm-Jangi. Dilakukan dengan para lelaki berkumpul di lapangan sambil membawa telur ayam rebus. Setiap orang akan saling memecahkan telur rebus milik orang di sekitarnya. Pemenangnya adalah peserta yang kulit telurnya tak pecah hingga akhir lomba.

India

Perayaan Idulfitri di India diawali dengan Chaand Raat, yang jatuh di malam terakhir Ramadan. Di malam ini, orang akan pergi keluar untuk mengunjungi bazar dan berbelanja. Para perempuan India akan mengenakan pakaian tradisional dan menghiasi tangan dengan henna. Makanan yang umum ada saat perayaan Idulfitri adalah siwaiyaan, yakni makanan bihun manis kering yang disajikan dengan susu.

Indonesia

Di Indonesia, umumnya melakukan kegiatan salat Id bersama, lalu sungkeman, bermaafan, dan dilanjutkan dengan menyantap makanan khas Lebaran. Ketupat, rendang, opor, dan sambel kentang adalah sebagian dari makanan yang khas saat Lebaran.

Bagaimana dengan tradisi Idulfitri yang khas di daerah TemanBaik? Ada yang unik? Ceritakan, yuk, di kolom komentar. (ACD)