Artikel

Raih Medali Perunggu, Anthony Ginting Bungkam Kevin Cordon Lewat Straight Game

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Selamat! Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting sukses meraih medali perunggu setelah mengalahkan Kevin Cordon dari Guatemala. Anthony sukses mengalahkan Kevin dalam dua set langsung atau straighh game.

Dalam laga perebutan peringkat ketiga di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo, Senin (2/8) Anthony Ginting mengalahkan lawannya dengan skor 21-11, 21-13.

Di gim pertama, Pebulutangkis asal Cimahi ini tak banyak mendapatkan serangan perlawanan dari Kevin Cordon. Ginting coba bermain sabar dengan mengajak Cordon bermain reli. Penempatan bolanya membuat Cordon tak leluasa mengembalikan serangan Ginting.

Meski sempat tertinggal tapi Ginting bisa menyamakan kedudukan bahkan berbalik unggul dari kesalahan berturut-turut yang dilakukan Cordon. Poin demi poin diraih pebulutangkis rangking enam dunia ini dengan meminimalisir kesalahan. Dia juga melakukan penempatan bola-bola sulit yang membuat lawannya kewalahan mengembalikan serangan. Sempat merebut empat poin tapi pebulutangkis Guatemala itu tak mampu membendung Ginting memenangkan gim pertama dengan skor 21-11.

Memasuki gim kedua, Ginting bermain lebih menekan. Dia juga lebih berinisiatif melakukan tekanan dengan berbagai smes yang membuat Cordon kerepotan. Tekanan demi tekanan terus diberikan Ginting membuatnya unggul 7-2 atas Cordon.

Meski Cordon berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 13-10, tapi Ginting buru-buru mematahkan momentum lawannya dengan kombinasi serangan cepat dan memanfaatkan kesalahan yang dilakukan lawannya. Ginting kemudian bisa merebut tiga poin krusial untuk menutup gim kedua dengan skor 21-13.

Sebelumnya, pasangan ganda putri Greysia/Apriyani berhasil merebut medali emas pertama untuk nomor ganda putri bulutangkis Indonesia di ajang Olimpiade. Pasangan Greysia/Apriyani meredam perlawanan tim dari China dengan skor 21-19 dan 21-15.

Dengan kemenangan Ginting dan Greysia/Apriyani membuat perolehan medali Indonesia saat ini adalah 5 medali. Kelima medali tersebut meliputi 1 emas dari cabang olahraga (cabor) Bulutangkis, 1 perak (Angkat besi), dan 3 perunggu (Angkat besi dan Bulutangkis). (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: