Artikel

Rekor Lagi, Neraca Perdagangan Indonesia Bulan Oktober Catat Surplus Tertinggi

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Kinerja perekonomian Indonesia terus menunjukkan hasil yang positif. Kali ini hal itu datang dari sektor perdagangan yang mencatatkan surplus sebesar 5,73 miliar dolar Amerika Serikat (AS) pada bulan Oktober 2021.

Surplus neraca perdagangan tersebut diketahui melalui laporan Badan Pusat Statistik (BPS). Surplus bulan Oktorber 2021 ini disebut memecahkan rekor tertinggi yang sebelumnya tercatat pada bulan Agustus 2021 yaitu sebesar 4,74 miliar AS.

Menurut Kepala BPS Margo Yuwono, surplus neraca perdagangan bulan Oktober 2021 ini didorong oleh positifnya laju ekspor dan impor Indonesia.

Ekspor pada Oktober 2021 tercatat naik 6,89 persen secara bulanan di angka 22,03 miliar dolar AS. Sementara impor Indonesia juga mengalami kenaikan 0,36 persen secara bulanan di angka 16,29 miliar.

"Kalau lihat tren ini membukukan surplus selama 18 bulan secara beruntun," kata Margo mengutip Kontan.co.id, Selasa (16/11).

Adapun komoditas yang mendorong surplus perdagangan bulan Oktober 2021 antara lain bahan bakar mineral, minyak, lemak hewan nabati serta besi dan baja.

Sementara dari sisi negara yang mendorong terjadinya surplus ini antara lain Amerika Serikat (1,7 miliar dolar AS), China (1,3 miliar dolar AS), dan Filipina (685,7 juta dolar AS).

Rupiah Menguat

Pengumuman surplus neraca perdagangan bulan Oktober 2021 ini membawa dampak optimis bagi pelaku pasar. Tercatat nilai mata uang Rupiah menguat 17 poin atau 0,12 persen di posisi Rp 14.202 per dolar AS pada penutupan bursa hari Senin (15/11) kemarin.

Mengutip Antaranews, penutupan bursa hari Senin itu lebih tinggi dibanding penutupan bursa sebelumnya di mana rupiah berada di posisi Rp 14.219 per dolar AS.

"Data neraca perdagangan ini sudah diantisipasi oleh pelaku pasar sejak minggu lalu, yang mengharapkan rekor surplus 5 miliar dolar," kata Analis DC Futures Lukman Leong kepada Antaranews. (WIL)


5 komentar untuk “Rekor Lagi, Neraca Perdagangan Indonesia Bulan Oktober Catat Surplus Tertinggi”

oleh Tiara ginting  2 minggu yang lalu

"Keren bgt🔥🔥"

oleh Alika risa  2 minggu yang lalu

"Panteingin web arus baik jdi gk kudet, makasih min info2nya"

oleh Dedi anwar  2 minggu yang lalu

"Mantap, lanjutkan jgn smpe kendor"


Berikan Komentar: