Artikel

Ribuan Santri dan Pelajar di Kuningan Divaksinasi Covid-19

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Dalam lawatannya ke Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Selasa (31/8), Presiden Joko Widodo menyempatkan diri menunjungi Pondok Pesantren Miftahul Falah. Di Ponpes tersebut, Presiden meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal kepada ribuan santri di seluruh Indonesia.

Peninjauan vaksinasi ribuan santri itu dilakukan Presiden secara video konferensi. Tak lupa, Presiden juga berdialog dan menjawab sejumlah pertanyaan dari para santri dari tiap-tiap daerah.

Salah satu santri yang bertanya kepada Presiden adalah Muhammad Alvin Materazzi asal Pondok Pesantren Al Mas'udiyyah Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Kepada Presiden, Alvin bertanya tentang progres vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

"Kapan ya seluruh rakyat Indonesia khususnya bagi para santri dan para pelajar dapat tervaksin semuanya, Pak?" tanyanya.

Presiden lantas menjelaskan langkah-langkah pemerintah dalam mengamankan stok vaksin dalam negeri. Menurut Presiden suplai vaksin dunia sangat kecil lantaran semua negara memerlukannya sedangkan produsen vaksin hanya beberapa negara saja.

"Meskipun punya uang, meskipun anggarannya ada, belum tentu kita bisa mendapatkan vaksin," ujar Presiden mengutip keterangan resmi Sekretariat Presiden, Selasa.

Dengan demikian, lanjut Presiden, Indonesia patut bersyukur karena hingga saat ini pemerintah telah berhasil mengamankan 160 juta dosis vaksin Covid-19. Pemerintah juga bakal terus berupaya mencukupi kebutuhan vaksin dalam negeri.

"Sudah ada komitmen dari industri dan pabrik vaksin. Tetapi juga sekali lagi masih rebutan dengan negara-negara lain," ucap Presiden.

Sementara itu, santri asal Pondok Pesantren Al Muayyad, Sidoarjo, Jawa Timur, Rafi Akbar Maulana Haqiqi menyampaikan harapannya terkait penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Kepada Presiden, Rafi mengaku rindu untuk mengaji secara langsung dengan Pak Kiai dan Bu Nyai di Pondok Pesantren.

"Saya sangat rindu mereka, Pak, saya sangat ingin mengaji bertatap muka bersama mereka, Pak," katanya.

Di Pondok Pesantren Miftahul Falah, ada 2 ribu pelajar dan santri yang terdiri dari berbagai sekolah dan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Kuningan mendapatkan vaksin Covid-19.

Untuk diketahui, sebelum meninjau ke Pondok Pesantren Miftahul Falah, Presiden Jokowi terlebih dahulu meninjau kegiatan vaksinasi kepada masyarakat secara pintu ke pintu di Kampung Tonjong, Desa Sangkanhurip, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: