Artikel

Sapa Warga Tarakan, Presiden Naiki Rantis "Made in Indonesia"

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo selalu mempromosikan produk dalam negeri dalam setiap kunjungannya. Seperti saat berkunjung ke Tarakan, Kalimantan Utara ini, Presiden mengendarai kendaraan taktis (rantis) produk dalam negeri.

Rantis P6 ATAV V1 milik Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) itu dikendarai Presiden untuk menyusuri jalan di Tarakan sambil menyapa warga.

Komandan Paspampres, Mayjen Tri Budi Utomo membenarkan bahwa rantis tersebut milik Paspampres dan produk lokal. Presiden, kata dia, sengaja menggunakan rantis itu sebagai promosi produk dalam negeri.

“Kita tahu Presiden selalu memperkenalkan produk lokal. Kali ini Presiden memperkenalkan kendaraan serang taktis hasil rakitan dalam negeri,” kata Tri mengutip siaran pers Biro Setpres, Selasa (19/10).

Tri juga membeberkan alasan Presiden memilih rantis ini untuk menyapa masyarakat. Menurutnya, Presiden merasa ada sekat ketika menyapa warga menggunakan mobil sedan kepresidenan sebagaimana umumnya.

"Dengan mobil yang agak terbuka, Presiden berharap masyarakat merasakan kedekatan tersebut,” imbuhnya.

Tri menegaskan, keamanan Presiden tetap menjadi prioritas meskipun mobil yang dikendarai itu semi terbuka. Seluruh bodi mobil, sebutnya, dilapisi baja anti peluru.

Selain itu, kaca depan rantis tersebut juga bisa menahan peluru. Lebih canggihnya lagi, mobil tersebut punya kemampuan mendeteksi arah tembakan musuh.

“Teknologi ini dikenal dengan Gunshot Detection System yang dipasang pada bagian belakang P6 ATAV,” pungkasnya.

Adapun mobil tersebut memiliki kerangka yang terbuat dari rangka pipa baja mengelilingi mobil tersebut. Hal itu dimaksudkan untuk melindungi dari benturan jika terjadi kecelakaan. (WIL)


0 komentar untuk “Sapa Warga Tarakan, Presiden Naiki Rantis "Made in Indonesia"”
Berikan Komentar: