Artikel

Satgas Covid-19: Masyarakat Tambah Patuh

 
 | Arusbaik

ArusBaik.id - Tidak mudah untuk mengatur kepatuhan lebih dari 270 juta masyarakat yang tersebar di 34 provinsi Indonesia. Bukan hanya mengatur masyarakat perkotaan yang punya mobilitas tinggi, tapi juga masyarakat pedesaan yang hidup secara komunal di lebih dari 80 ribu desa dari Aceh sampai Papua. Setelah satu tahun pandemi Covid-19, pemerintah makin hari makin mahir untuk menerapkan kepatuhan protokol kesehatan.

Selama satu minggu terakhir, berdasar laporan, tingkat kepatuhan masyarakat sudah jauh meningkat, terutama soal kesadaran menggunakan masker yang sekarang telah menjadi kebiasaan sehari-hari. Melalui kesadaran memakai masker jumlah penurunan penyebaran Covid-19 terlihat signifikan. Beberapa zona yang sebelumnya berkategori merah kini telah berangsur-angsur kuning, begitu pula dengan zona kuning yang kini telah berstatus hijau.

"Berdasarkan data, dalam 1 minggu terakhir, sebanyak 144 kabupaten dan kota memiliki kepatuhan memakai masker di level 76 sampai 90 persen. Selain itu sebanyak 115 kabupaten dan kota memiliki kepatuhan memakai masker di level 91 hingga 100 persen," jelas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, Kamis (18/3).

Lalu, berdasarkan data kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan sebanyak 167 kabupaten dan kota memiliki tingkat kepatuhan sebesar 76-90 persen. Sebanyak 101 kabupaten dan kota memiliki tingkat kepatuhan 91-100 persen. Sebanyak 86 kabupaten dan kota memiliki tingkat kepatuhan di antara 61-75 persen (zona oranye) dan sebanyak 69 kabupaten kota masih memiliki tingkat kepatuhan dibawah 60 persen (zona merah).


0 komentar untuk “Satgas Covid-19: Masyarakat Tambah Patuh”
Berikan Komentar: