Artikel

Satgas Covid: Waspada Virus Corona Varian B117 di Indonesia

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Terus bermunculannya varian baru virus Corona di dunia, termasuk di Indonesia, tentunya membuat masyarakat bertambah gelisah dan khawatir. Varian virus tersebut muncul seiring dengan perkembangan dan penyebaran Covid-19, yang telah menjangkiti berbagai wilayah di sekitar 213 negara.

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof. Wiku Adisasmito, munculnya varian virus adalah hal yang biasa terjadi saat virus menggandakan diri. Terkadang terjadi sedikit perubahan karena anakan virus tidak sama dengan induknya. Lalu, virus dari hasil mutasi tersebut akan menjadi varian baru.

Wiku menjelaskan, ketika virus menyebar luas dan menyebabkan angka kasus yang tinggi, kemungkinan bermutasinya virus juga meningkat. Terlebih, kata dia, saat ini di Indonesia sudah ada beberapa kasus penularan Covid-19 yang terpapar virus mutasi varian B117.

"Mutasi virus Corona B117 kalau sampai menyebar luas pasti akan membuat lebih sulit penanganannya. Sebab, sampai sekarang kan kita tahu, menyebarnya lebih cepat," ujar Wiku kepada wartawan di Graha BNPB, Jumat (5/3).

Karena itu ia meminta semua pihak lebih waspada karena berdasarkan analisis terakhir dari World Health Organization (WHO), diperoleh data adanya kenaikan kasus pandemi ini di empat wilayah, yaitu Amerika, Asia Tenggara, Eropa, dan Mediterania Timur.

"Besar kemungkinan kenaikan kasus global ini terjadi karena disiplin protokol kesehatan di banyak negara mulai mengendur karena terlena dengan kedatangan vaksin," ungkap Wiku.

Wiku juga meminta masyarakat tidak memandang vaksin sebagai solusi mutlak mengatasi pandemi, meskipun vaksinasi memang dapat menyelamatkan nyawa. Ia menekankan bahwa perubahan perilaku harus menjadi fondasi utama menghentikan penularan virus Covid-19 di Indonesia.


6 komentar untuk “Satgas Covid: Waspada Virus Corona Varian B117 di Indonesia”

oleh gerald thomas  6 bulan yang lalu

"tetap waspada dan jangan sampai lengah sedikit pun"

oleh gerald thomas  6 bulan yang lalu

"tetap waspada dan jangan sampai lengah sedikit pun"

oleh gabriel sanjaya  6 bulan yang lalu

"jaga diri sendiri dulu dan tetap waspada"


Berikan Komentar: