Artikel

Semarak Hari Kemerdekaan, Yuk Ikutan Lomba Virtual di Rumah Digital Indonesia

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-76, pemerintah mengadakan sejumlah lomba virtual di Rumah Digital Indonesia (RDI). Nantinya sejumlah lomba khas 17 Agustus akan dipertandingkan secara virtual.

“Di sini kita bisa mengikuti perlombaan khas 17-an seperti lomba makan kerupuk, lomba balap karung, tarik tambang, semuanya secara virtual," kata Staf Khusus Presiden RI sekaligus pengembang konten RDI, Putri Tanjung dikutip dari Tempo.co, Selasa (17/8).

Selain lomba virtual di Rumah Digital Indonesia, dijelaskan Putri, ada juga ruang seni dan budaya, ruang komunitas dan literasi digital, hingga bazar virtual. Nantinya, di acara bazar virtual tersebut akan menjual berbagai produk UMKM unggulan dari 34 provinsi dan telah terhubung dengan sejumlah marketplace.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga mengajak masyarakat untuk merayakan hari kemerdekaan 2021 di RDI. Lewat RDI, masyarakat bisa menikmati serta menyemarakkan perayaan hari kemerdekaan dari rumah.

“Mulai dari berinteraksi virtual sesama pengunjung virtual, menonton berbagai konten hiburan seni dan budaya, literasi digital, hingga belanja produk lokal secara virtual,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro.

Menurut dr Reisa masyarakat bahkan bisa mengikuti berbagai lomba virtual di Rumah Digital Indonesia pada hari kemerdekaan. Sehingga perayaan 17 Agustus tidak lagi memerlukan berkumpul secara fisik demi mengurangi penyebaran virus Corona.

Untuk bisa mengikuti lomba virtual di Rumah Digital Indonesia, pengguna harus login menggunakan akun Google atau akun Facebook.

Setelah login dan menunggu sinkronisasi data, pengguna bisa memilih lomba virtual di Rumah Digital Indonesia yang terinspirasi dari lomba yang biasa dilakukan saat 17-an. Rumah Digital memindahkan lomba-lomba yang biasa diadakan di lapangan saat perayaan Agustusan, ke ruang virtual.

Kerahkan kekuatan secepat mungkin saat mengikuti lomba tarik tambang, supaya bisa menarik lawan.

Atur waktu setepat mungkin supaya bisa meraih kerupuk yang digantung dengan tali jika ikut lomba makan kerupuk.

Lomba virtual di Rumah Digital Indonesia ini bisa menjadi cara lain untuk mengikuti lomba 17an, pengguna akan bisa berlomba dengan pemain lain. Pengguna dengan skor yang tinggi akan masuk ke "leaderboard" atau papan peringkat lomba 17-an versi virtual Rumah Digital.

Situs Rumah Digital Indonesia bisa diakses hingga akhir Agustus ini, dan merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan ke-76 RI. Yuk, ikutan lomba virtual di Rumah Digital Indonesia! (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: