Artikel

Serbu 12 Provinsi, BIN Turut Sukseskan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Badan Intelijen Negara (BIN) turut serta membantu pemerintah dalam menyukseskan program vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Serbuan vaksinasi anak dilakukan BIN di 12 provinsi pada tahap awal ini.

Di antara provinsi yang menjadi lokasi serbuan vaksinasi anak oleh BIN adalah Jawa Barat. Kepala BIN Daerah (Kabinda) Jawa Barat, Brigjen Deddy Agus Purwanto mengatakan, vaksinasi anak di Jawa Barat dilakukan pertama kali di Kota Depok.

"Ini merupakan yang pertama di Indonesia, vaksinasi yang menyasar pelajar tingkat SD. Kita sediakan 400 dosis vaksin untuk pelajar kelas 3, 4, dan 6 SD," kata Deddy Agus mengutip Okezone.com, Jumat (17/12).

Diketahui, vaksinasi anak 6-11 tahun ini merujuk pada aturan dari Kementerian Kesehatan dan Inmendagri. Dalam aturan itu, vaksinasi anak 6-11 bisa dilakukan daerah yang telah mencapai 70 persen vaksinasi dewasanya.

Merujuk pada aturan tersebut, Deddy menyebutkan vaksinasi anak di Jawa Barat baru bisa dilakukan di beberapa kota/kabupaten saja, seperti Kota Depok, Kota Cimahi, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Banjar, Kota Bandung, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bandung Barat.

"Vaksinasi yang menyasar pelajar SD ini bertujuan untuk menghadapi pembelajaran tatap muka. Dimana vaksinasi ini menjadi salah satu kunci memutus rantai penyebaran pandemi," tandas Deddy.

Selain Jawa Barat, Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) juga menyelenggarakan vaksinasi perdana untuk anak berusia 6-11 tahun. Binda Kepri menggandeng lintas instansi untuk membantu kelancaran vaksinasi yang dilakukan di 12 titik lokasi berbeda di Kepri.

Binda Bali juga tidak mau ketinggalan. Menuntaskan vaksinasi Covid-19 sebanyak 13.600 dosis, BIN Daerah Bali gencar melaksanakan vaksinasi menyasar anak usia 6-11 tahun. Percepatan penuntasan vaksinasi juga dilakukan untuk mewaspadai ancaman varian Omicron yang sudah mulai menyebar di sejumlah negara.

Sementara di Provinsi Banten, Binda Banten menargetkan 1.500 penerima vaksinasi anak usia 6-11 tahun untuk di Tangerang Selatan, Tangerang Kota dan Kabupaten Tangerang.

BIN sendiri memang aktif menyukseskan program vaksinasi dalam mengatasi pandemi Covid-19. Program vaksinasi BIN tergolong sukses karena mengadopsi sistem door to door atau dari pintu ke pintu.

Dengan sistem tersebut, BIN memastikan pemerataan vaksinasi hingga daerah pelosok. Selain itu, sistem ini juga sangat membantu masyarakat yang bertempat tinggal jauh dari sentra-sentra vaksinasi. (WIL)