Artikel

Setelah Harbolnas Lebaran, Terbitlah Hari Bangga Buatan Indonesia

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah menggelar Hari Belanja Bangga Buatan Indonesia pada 5-13 Mei 2021. Dalam acara ini, masyarakat bisa menikmati subsidi ongkos kirim (ongkir) hingga Rp20 ribu.

Hal ini merupakan upaya pemerintah mendorong konsumsi masyarakat untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pemerintah yakin agenda ini bisa mencapai target melebihi Hari Belanja Nasional (Harbolnas) yang digelar 12 Desember 2020 lalu yang mencatatkan transaksi Rp11,5 triliun.

“Idenya Hari Belanja Buatan Indonesia antara 5 Mei sampai tanggal 13 Mei juga untuk memacu konsumsi dan terutama untuk barang produksi Indonesia. Target kita mestinya bisa mencapai lebih dari Rp 11,5 triliun konsumsi,” kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dilansir dari laman Medcom.id, Kamis(6/5).

Menurut Lutfi, pemerintah bekerja sama dengan pasar, e-commerce serta asosiasi memberikan ongkir gratis hingga Rp 20 ribu untuk mendorong keberhasilan Hari Belanja Bangga Buatan Indonesia.

“72 platform e-commerce bersama pemerintah memberikan langsung subsidi ongkos kirim Rp20 ribu. Ini sudah berjalan, kalau teman-teman ingin mengakses loka pasar tersebut untuk barang Indonesia dapat ongkos kirim gratis dan ditambah diskon lain agar memacu konsumsi,” tambah Menteri Perdagangan.

Pemerintah menargetkan nilai transaksi Hari Belanja Bangga Buatan Indonesia ini mencapai Rp 11,6 triliun. Target ini dipasang mengingat waktu penyelenggaraan yang lebih panjang selama sembilan hari dibanding Harbolnas 2020.

Penyelenggaraan Hari Belanja Bangga Buatan Indonesia yang sudah dimulai kemarin malam ini diharapkan bisa menggenjot penjualan produk lokal. Selain itu juga mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia selama masa pandemi Covid-19. (CHE)