Artikel

Siap-siap Atlet yang Bawa Medali, akan Jadi Miliuner

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Olimpiade Tokyo tahun 2020 bakal digelar mulai 23 Juli sampai 8 Agustus 2021. Atlet Indonesia dalam Olimpiade Tokyo ini juga sudah diberangkatkan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis, 8 Juli 2021 lalu.

Atlet Indonesia dalam Olimpiade Tokyo berjumlah 28 orang plus satu cadangan. Mereka akan berlaga pada delapan cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade Tokyo ini.

Indonesia termasuk negara terbesar dalam memberikan bonus kepada para atlet yang berhasil membawa pulang medali emas dalam Olimpiade Tokyo 2020 ini. Setidaknya, Atlet Indonesia peraih medali emas akan mendapat hadiah sebesar Rp 5 miliar.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S. Dewa Broto. Menurutnya, hadiah Rp 5 miliar bagi Atlet Indonesia peraih medali emas itu sama dengan hadiah pada Olimpiade Rio de Janeiro tahun 2016 lalu.

"Tidak ada perubahan kebijakan. Emas Rp 5 miliar, perak Rp 2 miliar dan perunggu Rp 1 miliar," kata Gatot dikutip dari laman Tempo, Jumat (9/7).

Selain memberikan bonus besar, Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo yang berhasil meraih hadiah tersebut juga tidak akan dikenakan pajak seperti yang diterapkan pada tahun 2016 lalu.

Meski tidak ada penambahan dari tahun 2016, Gatot menyebut nominal itu menyesuaikan situasi sulit akibat pandemi Covid-19. Namun demikian, hadiah yang diberikan Indonesia tetap lebih tinggi dari negara lain kecuali Singapura.

"Angka Rp 5 miliar itu sudah tertinggi nomor dua setelah Singapura dan jumlah itu diakui negara lain cukup besar," kata dia.

Sebelumnya, Atlet Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020 sudah diberangkatkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Negara, Jakarta.

Presiden berpesan, atlet agar terus menjaga kesehatan, stamina, dan motivasi mulai hari ini sampai ke puncak pertandingan nanti. Presiden juga minta mereka fokus agar bisa membawa kebanggaan bagi rakyat, bangsa, dan negara.

"Rakyat menaruh harapan besar kepada saudara-saudara dan prestasi saudara-saudara akan menjadi prestasi negara kita Indonesia," tandas Presiden.

Pelepasan Atlet Olimpiade Tokyo ini dihadiri secara langsung oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari dan Chef de Mission Rosan Roeslani. Hadir juga empat orang perwakilan atlet yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo yakni Alviyanto Bagas Prastyadi (panahan), Arif Dwi Pangestu (panahan), Aflah Fadlan Prawira (renang), dan Windy Cantika Aisah (angkat besi). (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: