Artikel

Sosok Paspampres Peraih Emas di Cabor Atletik Lari PON XX Papua

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id – Prestasi cemerlang ditorehkan oleh anggota Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Ia adalah Rio Maholtra yang berhasil merebut medali emas.

Medali emas diperoleh Rio dari cabang olahraga atletik lari. Ia merebut emas nomor lari gawang 110 meter dengan torehan waktu 14,11 detik.

Rio berhasil memecahkan rekor nasional menjadi pelari pertama yang melintasi garis finis dengan catatan waktu lantaran mengalahkan rekor sebelumnya 14,16 detik oleh Edi Zakaria pada PON 2004 silam.

Dengan prestasi yang dicapai bukanlah hal yang mudah bagi Rio. Ia mengaku PON Papua adalah salah satu ajang tersulit lantaran situasi sepi kompetisi di dua tahun terakhir.

“Saya bisa, istilahnya, menuntaskan tugas, sebab provinsi (Sumsel) menargetkan raih emas dan saya sudah tuntaskan hari ini. Alhamdulillah," kata Rio dilansir dari Antara.

"Karena dua tahun tanpa kejuaraan, dua tahun tanpa pelatih istilahnya. Habis itu, saya latihan di luar tim. Jadi, istilahnya saya atlet yang liar," lanjutnya.

Prestasi Rio dimulai sejak ia terpilih masuk sebagai atlet pelatnas di usia yang baru 16 tahun. Lantaran prestasi ini juga ia mendapat kesempatan bergabung dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Kesempatan itu tentu tak disia-siakan Rio. Rio yang kala itu tangah mengikuti PON 2012 di Riau, dihampiri seorang Kolonel TNI AD. Ia pun ditawari masuk pendidikan militer.

Kemudian, Rio mengikuti pendidikan militer hingga akhirnya ia terpilih masuk sebagai Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

Perhelatan PON XX Papua cabang olahraga atletik berlangsung pada 5 -14 Oktober 2021 di GOR Mimika Sport Complex dan Kompleks Freeport Kuala Kencana.

Terdapat 23 nomor perlombaan putra dan putri yang dipertandingkan untuk memperebutkan 46 medali emas, 46 medali perak, dan 46 medali perunggu. (DIN)

Saksikan video pilihan berikut:


0 komentar untuk “Sosok Paspampres Peraih Emas di Cabor Atletik Lari PON XX Papua”
Berikan Komentar: