Artikel

Sudah Dapat EUA BPOM Semua, 9 Vaksin di Indonesia Dipastikan Aman

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah Indonesia terus berupaya mengejar capaian herd immunity atau kekebalan komunal dalam rangka mengatasi pandemi Covid-19. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mempercepat vaksinasi nasional kepada masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air.

Dalam program vaksinasi ini, pemerintah setidaknya menggunakan sembilan merk vaksin yang didatangkan dari beragam negara produsen. Terbaru, pemerintah juga telah kedatangan vaksin Johnson & Johnson atau Janssen yang merupakan produksi Belanda.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengatakan, semua vaksin yang digunakan pemerintah telah mengantongi izin penggunaan darurat atau emergency used authotirity (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sehingga vaksin-vaksin itu dinyatakan aman dan berkhasiat.

Hadirnya beragam jenis vaksin, kata Johnny, adalah bukti dari upaya pemerintah dalam rangka mengamankan stok vaksin untuk keperluan dalam negeri. Dikatakannya, perebutan vaksin di dunia sangat ketat karena seluruh negara saat ini sangat membutuhkannya dalam mengatasi pandemi.

"Seluruh dunia sangat memerlukan vaksin Covid-19 saat ini, dan Indonesia memerlukan 400 juta lebih dosis vaksin. Oleh karenanya, pemerintah berupaya mendapatkan vaksin dari berbagai produsen," kata Johnny dalam siaran pers tertulis yang dikutip dari Tempo, Minggu (12/9).

EUA dari BPOM untuk vaksin Janssen dikeluarkan pada 7 September 2021. Dalam pengujiannya, BPOM menyebut vaksin buatan Negeri Kincir Angin itu memiliki efikasi mencegah semua gejala Covid-19 sebesar 67,2 persen. Selain itu, vaksin ini juga berkhasiat hingga 66,1 persen dalam mencegah gejala sedang hingga berat.

Selain kepada vaksin Janssen, BPOM juga memberikan EUA kepada vaksin CanSino asal China. Vaksin CanSino yang hanya perlu diberikan dalam satu dosis itu memiliki efikasi mencegah semua gejala sebesar 65,3 persen, dan melindungi gejala berat akibat Covid-19 sebesar 90,1 persen.

Dengan tambahan vaksin Janssen dan CanSino ini membuat vaksin yang digunakan di Indonesia menjadi 9 jenis. Tujuh lainnya adalah Sinovac, Vaksin Covid-19 Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer, dan Sputnik V.

Diketahui, Indonesia sendiri tengah mengembangkan vaksin dalam negeri yaitu vaksin Merah Putih. Saat ini pengembangan vaksin Merah Putih ini masih terus dilakukan oleh sejumlah laboratorium di Indonesia. (WIL)


3 komentar untuk “Sudah Dapat EUA BPOM Semua, 9 Vaksin di Indonesia Dipastikan Aman”

oleh Zirasti ningrum  1 bulan yang lalu

"Yuk bisaa kita kembali kehidup normal, tpi sebelum itu pda vaksin dlu 2 kali"

oleh Wulandari kemala  1 bulan yang lalu

"Mantap nih, udh bpom semua yeayy"

oleh Sella diska  1 bulan yang lalu

"Jangan bingung mau vaksin yg mana karna semuanya aman bagi kita"


Berikan Komentar: