Artikel

Sukseskan Vaksinasi Merdeka, Kapolda Metro Gandeng Emak-emak dan Remaja Masjid

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Program vaksinasi Merdeka masih terus berlanjut. Untuk menyukseskan program ini, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran melibatkan seluruh rukun warga (RW) di DKI Jakarta.

Kapolda mengatakan pihaknya melibatkan seluruh elemen seperti ibu-ibu Dasawisma hingga remaja masjid yang ada di Jakarta dalam program vaksinasi Merdeka. Program ini telah mulai digalakkan pihak Kepolisian seja Awal Agustus 2021.

"Melibatkan RW dan pasukannya, ada ibu ibu Dasawisma, ada ibu Mantik, ada kader lain seperti Karang Taruna, remaja Masjid, SKDM, Posyandu dan tokoh masyarakat lokal yang mengetahui warganya secara detil rumah per rumah, orang per orang. Itu keunggulannya di vaksinasi merdeka karena melibatkan semua pihak, dan dia berada di depan pintu rumah masyarakat," kata Kapolda dikutip dari Viva.co.id, Jumat (13/8).

Mantan Kapolda Jawa Timur ini mengatakan hingga saat ini dari data yang dihimpun sudah 96 persen warga DKI Jakarta divaksin khususnya dosis pertama. Program vaksinasi Merdeka ini akan terus digalakkan agar target bisa tercapai dan kekebalan imunitas (herd immunity) bisa terbentuk di ibu kota.

Sebelumnya, Kasatgas Vaksinasi Merdeka Kombes Pol Herukoco mengatakan pihaknya sudah menyuntikkan 711.981 dosis vaksin Covid-19 kepada warga Jakarta.

"Melalui Vaksinasi Merdeka telah melakukan vaksinasi sebesar 621.050 dosis. Jadi ini merupakan 55,30 persen dari kegiatan vaksinasi di Jakarta keseluruhan itu dosis pertama. Dosis kedua Polda Metro Jaya melakukan vaksinasi 90.931 dosis atau 9,6 persen," kata Kombes Pol Herukoco.

Untuk diketahui hingga 12 Agustus 2021 data Jakarta.corona.go.id menunjukkan sebanyak 8.771.557 (98,1 persen) orang telah divaksin dosis 1. Sedangkan sebanyak 3.820.779 (42,7 persen) orang telah divaksin dosis 2. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: