Artikel

Superbike Mandalika 2021 Bakal Terapkan Prokes Secara Ketat

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan Kejuaraan Dunia Superbike atau World Superbike (WSBK) yang akan berlangsung pada 19-21 November 2021.

WSBK di Indonesia sendiri akan digelar di Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (12/11) kemarin.

Prokes Ketat

Dalam perhelatan internasional ini, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan berkomitmen kuat untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat sebagai upaya mencegah penyebaran dan masuknya varian baru virus Covid-19.

Beberapa upaya akan dilakukan pemerintah dalam hal ini. Di antaranya adalah kewajiban karantina bagi para tamu asing yang akan menghadiri WSBK. Selain itu mereka juga harus menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19.

"Pengaturan masuk seperti karantina harus dijalankan," kata Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, Jumat.

Adapun ketentuan karantina merujuk pada addendum Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 20 Tahun 2021 Tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Covid-19. Setiap orang yang baru datang dari luar negeri wajib karantina tiga hari.

Pemerintah juga akan menerapkan bubble seperti yang diterapkan saat pelaksanaan PON XX Papua bulan Oktober lalu. Dengan bubble, setiap tamu yang tiba langsung diarahkan ke titik transit dan diberangkatkan ke penginapan dengan bus yang sudah disiapkan.

Selain menerapkan aturan prokes secara ketat bagi tamu asing, pemerintah juga akan mempercepat capaian vaksinasi Covid-19 di KEK Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Saat pelaksanaan nanti ditargetkan 70 persen warga di kawasan itu sudah menerima vaksin dosis pertama.

Sirkuit Mandalika Sudah Siap

Adapun pelaksanaan WSBK akan digelar di Sirkuit Mandalika yang diresmikan Presiden pada Jumat (12/11). Sirkuit ini siap menggelar perhelatan kelas dunia.

Presiden mengatakan, Sirkuit Mandalika memiliki panjang 4,3 kilometer. Sirkuit ini dibangun dengan teknologi aspal terbaru yaitu stone mastic asphalt.

Sebelum peresmian, Presiden sempat menjajal langsung Sirkuit Mandalika dengan mengendarai motor pribadinya. Namun Presiden menjajalnya dengan hati-hati karena sirukui sempat diguyur hujan.

Presiden mengatakan, ada banyak tikungan tajam di Sirkuit Mandalika ini. Total ada 17 titik tikungan yang menurut Presiden sulit dilalui. (WIL)