Artikel

Takut Kasusnya Terbongkar, Koruptor Bersatu Lemahkan KPK

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Para koruptor yang mencuri uang rakyat saat ini sedang takut kasusnya terbongkar. Untuk itu, mereka kini bersatu untuk melemahkan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD saat diskusi dengan Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) di Yogyakarta, Sabtu (5/6) lalu.

"Orang yang berasa punya data lain dan koruptor-koruptor yang dendam dan yang takut ketahuan ini sekarang bersatu untuk hantam (KPK) itu," kata Mahfud dikutip Kompas.com, Selasa (8/6).

Dalam kesempatan tersebut, Mahfud menjelaskan upaya penguatan KPK tidak bisa hanya menjadi tanggung jawab pemertintah atau lembaga eksekutif.

"Keputusan tentang KPK itu tidak di pemerintah saja, ada di DPR, partai, dan civil society," tegasnya.

Diketahui, para pegawai KPK kini telah resmi menjadi aparatur sipil negara (ASN). Mereka dinyatakan lulus dalam asesmen tes wawasan kebangsaan (TWK) yang digelar beberapa waktu lalu.

Pemerintah menegaskan, alih status pegawai KPK itu dilakukan agar lembaga Antirasuah tersebut lebih profesional dan lebih baik lagi dalam memberantas korupsi di Tanah Air. (WIL)