Artikel

Target Presiden: Akhir Tahun Herd Immunity Tercapai

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo menargetkan herd immunity atau kekebalan komunal di Indonesia bisa terbentuk pada akhir tahun 2021 nanti. Hal itu diharapkan tercapai setelah seluruh provinsi mencapai 70 persen capaian vaksinasinya.

Target tersebut disampaikan Presiden saat berdialog dengan sejumlah pondok pesantren dan rumah ibadah yang menggelar vaksinasi serentak. Dalam dialog virtual itu, Presiden berada di Pondok Pesantren K.H Syamsuddin, Ponorogo Jawa Timur.

Presiden berharap, seluruh provinsi bisa mengejar capaian 70 persen vaksinasi akhir tahun nanti. Terutama sekali adalah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menjadi tuan ruma World Superbike pada November 2021 nanti.

“Kita inginkan seluruh provinsi bisa tervaksin minimal 70 persen itu di akhir tahun ini. Syukur sebelum perhelatan terutama yang di sekitar venue sudah bisa diselesaikan,” kata Presiden mengutip siaran pers Setpres, Selasa (7/9).

Target yang ditetapkan Presiden disanggupi oleh perwakilan NTB. Mereka mengaku siap merampungkan target itu dengan memvaksinasi 15 ribu kali per hari.

“Kami siap dan kami berkomitmen, TNI, Polri, pemerintah, batalyon vaksinator, dan lain-lain, 500 fasilitas Kesehatan kami akan bergerak,” ungkap perwakilan dari Provinsi NTB.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga meminta percepatan vaksinasi terus dilakukan agar penyebaran Covid-19 dapat dihentikan.

Salah satu perwakilan dari Kota Palangkaraya bahkan menyebut bahwa percepatan vaksinasi di Provinsi Kalimantan Tengah terus diupayakan dengan membagi tiga zona vaksinasi.

“Ada zona timur di Das Barito, zona tengah di Palangkaraya sendiri dan sekitarnya, kemudian zona barat di Kotawaringin,” ucap perwakilan dari Kota Palangkaraya. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: