Artikel

Telan Biaya Rp 513 M, Bendungan Kuningan Akhirnya Diresmikan Presiden

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Bendungan Kuningan yang berlokasi di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo pada Selasa (31/8). Kini bendungan tersebut siap digunakan.

Menurut Presiden, Bendungan Kuningan dibangun selama 7 tahun dan menghabiskan biaya sekitar Rp 523 miliar. Nantinya, bendungan ini memiliki kapasitas 25,9 juta meter kubik dan bisa menyuplai air untuk 3 ribu hektar sawah di Kuningan, Cirebon dan Brebes.

"Alhamdulillah Bendungan Kuningan hari ini selesai dan siap difungsikan. Semoga meningkatkan produksi dan juga berdampak pada kesejahteraan petani kita," kata Presiden mengutip keterangan resmi Sekretariat Presiden, Selasa.

Lebih jauh, Presiden meminta bendungan disambungkan dengan penataan jaringan irigasi agar kehadiran Bendungan Kuningan dapat memberikan manfaat nyata bagi penyediaan air irigasi untuk para petani.

Selain untuk mengairi lahan persawahan, Bendungan Kuningan juga diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar dalam hal ketahanan air. Bendungan ini akan menyediakan air baku 0,30 meter kubik per detik dan menghasilkan listrik sebesar 0,5 megawatt.

"Saya berharap bendungan ini juga bisa memberikan nilai tambah bagi daerah bukan saja meningkatkan produktivitas pertanian tapi juga memudahkan penyediaan air bersih yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat," imbuh Presiden. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: