Artikel

Telkom dan BUMN Bersinergi Bangun Ekosistem Pariwisata Digital

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Telkom bersama tujuh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah melakukan penandatanganan kesepakatan untuk merumuskan program-program strategis pengembangan sektor pariwisata. Dalam pemerintahan Jokowi, sektor pariwisata menjadi nadi penting untuk menggerakkan stimulus pemberdayaan perekonomian.

Kekayaan alam serta budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke menjadi potensi kuat untuk mengeksplorasi pariwisata lokal, hingga bisa berkiprah ke dunia global. Program strategis ini merupakan upaya Telkom bersama ketujuh BUMN yang berkolaborasi demi membangkitkan perekonomian nasional melalui sektor pariwisata di Tanah Air.

Sebagai langkah konkret selanjutnya, Telkom melakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang dukungan terhadap program strategis BUMN Ekosistem Pariwisata. Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dengan Direktur Utama dari tujuh BUMN, yang tergabung dalam holding BUMN pariwisata dan pendukung.

Adapun tujuh holding BUMN tersebut di antaranya, PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), PT Garuda Indonesia (Persero), PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero), Hotel Indonesia Natour (Persero), dan PT Sarinah (Persero).

Menurut Direktur Enterprise and Business Service PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., Edi Witjara, pihaknya berkomitmen untuk memperkuat pengembangan sektor pariwisata melalui digitalisasi serta optimalisasi infrastruktur, platform, dan layanan digital.

"Kami akan menyediakan solusi, platform, dan layanan digital yang diperlukan dalam pelaksanaan program strategis (BUMN) Ekosistem Pariwisata," urainya dalam keterangan tertulis yang dibagikan kepada media daring, cetak dan televisi pada Jumat, (12/3).

Dalam keterangan persnya tersebut, Edi berharap, terlaksananya program strategis badan usaha milik negara (BUMN) dapat memberikan manfaat dalam mengakselerasi digitalisasi di sektor pariwisata dan pendukungnya.

Sebelumnya, Telkom telah menunjukkan dukungannya terhadap sektor pariwisata Indonesia melalui Indonesia Travel and Tourism Digital Platform: Wonderful Indonesia, wonderin.id. Platform ini menghadirkan cara baru untuk pengembangan ekosistem pariwisata di Indonesia melalui marketplace. Tujuannya untuk membangun jembatan serta jaringan yang kuat dengan partner pariwisata dalam pengelolaan inventori.

Keberadaan marketplace ini berguna sebagai penyederhanaan akses distribusi informasi, serta analisis bisnis perjalanan untuk meningkatkan pengalaman transaksi bagi para partner. Ke depannya, platform digital ini berorientasi sebagai pendukung digitalisasi desa wisata. Platform ini juga bergerak sebagai pusat penyedia informasi lengkap bagi para wisatawan yang ingin melihat keindahan Indonesia.