Artikel

Tenang! Vaksin Pfizer dan AstraZeneca Ampuh Tangkal Covid-19 Varian Delta

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Hasil penelitian menunjukkan dua dosis vaksin Pfizer dan AstraZeneca 90 persen efektif melawan virus corona varian Delta (B.1.617.2) yang berasal dari India. Hal ini disampaikan otoritas kesehatan Inggris (Public Health England/PHE).

Menurut PHE, kedua vaksin ini efektif mencegah risiko rawat inap serta melindungi pasien Covid-10 dari gejala yang parah. Tingkat perlindungan ini setara dengan efektivitas vaksin melawan varian Alpha (B117) yang pertama kali diidentifikasi di Kent, Inggris Tenggara.

“Temuan yang sangat penting ini membuktikan bahwa vaksin memberikan perlindungan yang signifikan terhadap rawat inap akibat varian Delta,” kata Kepala Imunisasi di PHE Mary Ramsay dikutip dari Reuters, Rabu (16/6).

Penelitian mengenai efektivitas vaksin ini dilakukan terhadap 14.019 kasus varian Delta dengan rentang waktu 12 April hingga 4 Juni 2021. Dari total keseluruhan, 166 diantaranya dirawat di rumah sakit.

Analisis sebelumnya, menunjukkan satu dosis vaksin terbukti kurang efektif mencegah penyakit simtomatik dari varian Delta, jika dibandingkan dengan varian Alpha. Namun hanya ada sedikit perbedaan setelah disuntikkan 2 dosis.

“Bukti keefektifan 2 dosis terhadap varian ini menunjukkan betapa pentingnya mendapatkan suntikan kedua,” ujarnya.

PHE mengaku pihaknya masih melakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui tingkat perlindungan vaksin terhadap kematian dari varian Delta. Dugaan awal, PHE menyebutkan tingkat kematian akan tinggi.

Analisis terpisah PHE juga menunjukkan program vaksinasi Covid-19 sejauh ini (hingga 30 Mei 2021) telah berhasil mencegah 14.000 kematian dan sekitar 42.000 rawat inap diantaranya terjadi pada orang tua di Inggris. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut: