Artikel

Tepung Tawar Sambut Kedatangan Presiden di Tana Tidung

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Utara pada hari ini, Selasa (19/10). Salah satu daerah yang dikunjungi Presiden adalah Desa Bebatu, Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung.

Presiden menumpang kapal cepat untuk menuju desa tersebut. Setibanya di sana, Presiden tampak disambut Ketua Adat Tidung, Armansyah Ali dan Ketua Adat Brusu, Hendrik.

Ketua Adat memercikkan air dan memberikan ikat kepala khas daerah bernama sesingal tidung. Prosesi adat ini disebut dengan tepung tawar atau timug bensaluy.

"Timug itu air, bensaluy itu pendingin. Beras kuning ini satu keagungan kami di Kalimantan sebagai ucapan syukur kepada pendatang," ujar Armansyah Ali mengutip siaran pers Biro Setpres, Selasa.

Salah satu agenda Presiden di Desa Bebatu adalah penanaman mangrove bersama masyarakat dan pengiat lingkungan. Sejumlah duta besar negara sahabat juga ikut dalam rombongan itu.

Sejumlah pejabat tampak mendampingi Presiden seperti Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang, dan Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali. (WIL)