Artikel

Terjadi Lagi, Prajurit TNI Gugur Ditembak KKB di Papua

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Seorang prajurit TNI gugur dalam tugas saat mengamankan pemindahan jenazah korban kekerasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, Gabriella Meilani. Prajurit yang gugur itu diketahui bernama Pratu Ida Bagus Putu.

Menurut Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih, Kolonel Arm Reza Nur Patria, Pratu Ida Bagus gugur ditembak KKB di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pada Selasa, 21 September 2021 lalu.

"Saat melaksanakan pengamanan bandara yang akan digunakan sebagai jalur evakuasi jenazah Suster Gabriela Meilani, terjadi kontak tembak yang menyebabkan satu prajurit terbaik TNI gugur," kata Reza mengutip Kompas.com, Kamis (23/9).

Awalnya, jenazah Gabriella Meilana yang berporfesi sebagai tenaga kesehatan dan tewas dalam penyerangan KKB sebelumnya akan dievakuasi dengan helikopter. Saat itu lah kontak senjata terjadi dan membuat Pratu Ida Bagus gugur.

Menurut Reza, kini jenazah Pratu Ida Bagus sudah dibawa ke Jayapura, tepatnya Rumah Sakit TK II Marthen Indey.

Teror KKB Papua

KKB Papua terus melakukan aksi teror. Tak hanya kepada prajurit TNI-Polri, teror juga dilakukan KKB kepada warga masyarakat sipil di Papua. Salah satunya terjadi di pada Selasa, 14 September 2021 lalu.

Saat itu, KKB pimpinan Lamek Tablo melakukan aksi teror dengan merusak dan membakar fasilitas umum serta perkampungan warga di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua

Dalam peristiwa ini, aparat gabungan TNI-Polri turut diterjunkan. Baku tembak tak terelakkan dengan seorang personel TNI terluka.

Berdasarkan video yang beredar, KKB pimpinan Lamek Tablo ini tampak membakar fasilitas umum seperti Puskesmas dan kantor bank. Pembakaran tersebut turut memakan korban jiwa yaitu seorang tenaga kesehatan bernama Gabriella Meilani (22) gugur. (WIL)