Artikel

Terjamin! 3 Vaksin yang Dipakai Indonesia Sudah Diakui WHO

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Vaksin Covid-19 produksi AstraZeneca, Sinopharm dan Sinovac adalah tiga jenis vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi di Indonesia. Ketiga vaksin ini sudah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Rekomendasi yang diberikan WHO berupa sertifikat emergency use list (EUL) atau daftar izin penggunaan darurat vaksin.

Immunization Officer WHO Indonesia Olvi Silalahi mengatakan EUL merupakan mekanisme uji kelayakan dan keamanan suatu obat atau vaksin versi WHO untuk digunakan publik. WHO memiliki kriteria minimum terkait efektivitas vaksin yang harus dilampirkan produsen vaksin Covid-19 dalam bentuk dokumen.

“Apa saja? Mulai dari efektivitasnya minimal berapa, bagaimana keamanannya serta proses Good Manufacturing-nya. Namun yang perlu kita ketahui prosesnya ternyata cukup panjang dan memang memperhatikan kaidah-kaidah saintifik. Selanjutnya akan dinilai tim independen yang akan memberikan persetujuan untuk menerbitkan EUL vaksin Covid-19 tersebut,” kata Olvi dikutip dari Kompas.com, Rabu (9/6).

Sejak program vaksin nasional dilakukan di Indonesia pada 13 Januari 2021 lalu, Indonesia telah menggunakan 3 jenis vaksin yakni AstraZeneca, Sinopharm, dan Sinopharm.

Ketiga jenis vaksin ini telah mendapatkan EUL dari WHO. Masing-masing, AstraZeneca mendapatkan rekomendasi pada 15 Februari 2021, Sinopharm 7 Mei 2021, dan Sinovac pada 1 Juni 2021.

Dengan mendapatkan rekomendasi ini berarti keamanan dan efektivitas vaksin untuk melindungi dari virus corona telah diakui WHO.

Hasil kemanjuran dua dosis suntikan vaksin Sinovac menunjukkan bahwa vaksin bisa melindungi dari gejala Covid-19 sebesar 51% dari mereka yang divaksinasi dan mencegah Covid-19 parah dan rawat inap pada 100% populasi yang diteliti. (CHE)