Artikel

Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Ini Deretan Program Pemerintah

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Kesejahteraan nelayan menjadi salah satu fokus pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Beragam program telah diluncurkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan nelayan ini.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP, Muhammad Zaini Hanafi menjelaskan, untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, pihaknya sudah meluncurkan beragam program, seperti asuransi nelayan hingga beberaa fasilitas pendanaan dan pelatihan diversifikasi usaha.

Zaini menegaskan, program-program tersebut diberikan berdasarkan konsep dari bawah ke atas. Tujuannya agar program yang diluncurkan tepat sasaran.

“Sumber pendanaan untuk dukungan tersebut dapat berasal dari pendanaan gotong royong serta Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang ‘dikembalikan’ kepada nelayan. Jadi nelayan yang besar dapat berbagi, membantu, memberikan subsidi bagi nelayan-nelayan kecil," kata Zaini mengutip CNN Indonesia, Selsaa (12/10).

Selain program tersebut, KKP juga meluncurkan program Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka) yang berfungsi sebagai kartu ATM bagi nelayan. Tujuan program ini adalah untuk menanamkan kebiasaan menabung kepada para nelayan.

Masih kata Zaini, perikanan Indonesia yang kaya masih belum cukup dioptimalkan. Untuk itu ia menilai penangkapan ikan harus dilakukan secara terukur dengan memperhatikan kelestarian lingkungan. Dengan begitu, keseimbangan faktor ekologi dan ekonomi akan tetap terjaga.

KKP, imbuh Zaini, juga menyiapkan program regenerasi nelayan melalui program Bangga Menjadi Nelayan. Program ini menyasar kalangan muda dan mempromosikan kepada mereka bahwa profesi sebagai nelayan bisa berpenghasilan besar dan bergengsi. (WIL)


5 komentar untuk “Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Ini Deretan Program Pemerintah”

oleh Soleh muhammad  1 minggu yang lalu

"Pemerintah membuktikan kerja nyata mereka lewat dukungannya terhadap nelayan"

oleh Jihan fahira  1 minggu yang lalu

"Kakek saya nelayan, saya senang nelayan didukung oleh pemerintah"

oleh Alfian fajar  1 minggu yang lalu

"Nelayan sudah semakin maju loh sekarang gk kya dlu lagi"


Berikan Komentar: