Artikel

Tol Langit, Jembatan Konektivitas Digital di Seluruh Pelosok Nusantara

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah terus berupaya membangun konektivitas nasional selama lima tahun terakhir. Salah satunya dengan membangun tol langit yang fokus pada dunia digital.

Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan dalam Peluncuran Program Konektivitas Digital 2021 dan Perangko Seri Gerakan Vaksinasi Covid-19 dari Istana Negara Jakarta.

"Kita juga membangun konektivitas digital yang menghubungkan seluruh pelosok nusantara melalui tol langit. Semua ini bukan hanya untuk kepentingan ekonomi semata, bukan," kata Presiden dikutip dari Liputan 6, Selasa (29/6)

Kepala Negara menilai keberadaan tol langit di Indonesia penting untuk mendukung percepatan pelayanan pendidikan, kesehatan dan sinergi budaya nusantara.

Pemerintah, dijelaskannya, telah mengupayakan pembangunan konektivitas digital dan talent digital melalui berbagai program. Diantaranya penyediaan kapasitas satelit multifungsi pemerintah satria, pembangunan menara-menara Base Transceiver Station (BTS), program digital talent scholarship, dan gerakan nasional literasi digital.

“Saya mengapresiasi semua pihak terutama Kemenkominfo yang telah bekerja keras untuk itu,” imbuhnya.

Untuk diketahui tol langit adalah proyek jaringan serat optik yang mengupayakan pemerataan kualitas internet di seluruh wilayah Indonesia dengan kualitas yang merata, tanpa ada kesenjangan.

Tol langit merupakan istilah dari proyek Palapa Ring yang didalamnya terdapat penggunaan satelit agar bisa menghubungkan seluruh pelosok Indonesia melalui jaringan telekomunikasi. (CHE)