Artikel

Top! Ibu Kota Negara Masuk 5 Besar Mega Infrastruktur Asia-Pasifik

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Ibu Kota Negara (IKN) yang sedang dibangun di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur masuk ke dalam "top five" mega infrastruktur terbesar di kawasan Asia-Pasifik. Hal itu karena IKN dinilai berharga bagi para investor real estat.

IKN dan empat mega infrastruktur lain yang masuk top five kini sedang dalam proses pembangunan. Indonesia menyumbang satu infrastruktur melalui IKN. Negara lain yang juga masuk top five antara lain Australia, China, Singapura dan India.

Berikut adalah lima besar mega infrastruktur di kawasan Asia-Pasifik menurut Savills International:

1. Ibu Kota Negara (IKN)

IKN merupakan mega infrastruktur yang dicanangkan Presiden Joko Widodo menyusul keputusan untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur. Untuk membangun IKN, pemerintah mengalokasikan anggaran Rp 510,79 miliar pada Rancangan Kerja Pemerintah tahun 2022.

Di tahun 2022, IKN sendiri masuk program prioritas nasional pemerintah. Pembangunannya masuk dalam strategi percepatan pertumbuhan dan pengembangan wilayah Kalimantan. Adanya IKN diharapkan mendorong diversifikasi ekonomi di wilayah tersebut.

Untuk mendukung pembangunan IKN baru ini, pemerintah juga mengembangkan kawasan perkotaan yang ada di Kalimantan. Ini agar bisa mendukung kawasan industri serta pariwisata yang ada di sekitarnya.

2. Mumbai Metro, India

Mega Infrastruktur berikutnya adalah pembangunan Mumbai Metro di Indonesia. Transportasi ini naninya akan menghubungkan Versova di barat laut kota dan Ghatkopar di timur. Pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 2014 silam.

Mumbai Metro memberikan dampak peningkatan signifikan nilai jual estat di daerah yang dilalui proyek kereta api tersebut. Saat ini ada 10 jalur metro yang sudah dibangun dengan panjang rel 180 kilometer.

3. Sydney Metro, Australia

Sama seperti India, proyek mega insfrastruktur Sydney Metro di Australia juga masuk ke dalam top five mega insfrastruktur di kawasan Asia-Pasifik. Jalur pertama Sydney Metro telah dibuka pada 2019 yaitu di Metro North West yang memiliki 13 stasiun.

4. Shenzong Link, China

Negeri Tirai Bambu tak mau ketinggalan. Mereka juga menyumbang top five mega insfrastruktur melalui pembangunan jembatan sepanjang 24 kilometer yang diberi nama Shenzong Link.

Jembatan ini menghubungkan Distrik Chuiheng di Zhongshan dengan Distrik Baoan di Shenzhen. Shenzong Link menjadi fokus pemerintah China selama bertahun-tahun di Greater Bay Area, China Selatan.

5. Sistem Saluran Pembuangan Terowongan Dalam, Singapura

Sementara Singapura turut masuk top five mega insfrastruktur melalui proyek pembangunan sistem saluran pembuangan terowongan dalam. Sistem ini nantinya akan mengumpulkan air bekas pemakaian masyarakat menjadi kembali bersih yang dipercaya akan menguntungkan sektor real estat.

Diharapkan proyek ini beres tahun 2022 mendatang. (WIL)


3 komentar untuk “Top! Ibu Kota Negara Masuk 5 Besar Mega Infrastruktur Asia-Pasifik”

oleh Hilmi fahrezi  3 minggu yang lalu

"Emang bagus2 banget nih infrastrukturnya"

oleh Rina julita  3 minggu yang lalu

"Mantapp ibu kotaa"

oleh Duma raisa  3 minggu yang lalu

"Sangat membanggakan nih"


Berikan Komentar: