Artikel

Top! Indonesia Bakal Punya Pusat Manufaktur Vaksin Covid-19

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah Indonesia sangat serius dalam upaya menjadi salah satu solusi mengatasi pandemi Covid-19. Salah satu buktinya adalah komitmen Indonesia untuk memiliki pusat manufaktur Vaksin Covid-19.

Dalam upaya ini, pemerintah Indonesia menjalin kerja sama dengan beberapa pihak, salah satunya China. Kerja sama tersebut mendapat sambutan baik dari Beijing melalui Duta Besarnya yang ada di Indonesia, Xiao Qian.

"Kerja sama vaksin menjadi sorotan baru dalam hubungan bilateral kita. China secara aktif mendukung Indonesia dalam membangun hub manufaktur vaksin," kata Qian mengutip Antaranews, Minggu (21/11).

Qian menambahkan, dukungan yang diberikan pihaknha bukan hanya sekadar kata-kata saja. Menurutnya, sebanyak lima perusahaan China sedang bekerja secara intensif dengan perusahaan Indonesia.

Perusahaan-perusahaan tersebut, kata Qian, bekerja sama dalam upaya membangun rantai produksi industri vaksin Covid-19 melalui berbagai jalur teknis.

Qian menuturkan, pada awal November lalu Sinovac dan Sinopharm sudah memasok vaksin sebanyak 41 tahap kepada Indonesia. Total dosis yang diterima dari puluhan tahap itu mencapai 247 juta dosis.

"Jumlah itu menyumbang 80 persen vaksin yang Indonesia terima," sebut Qian.

Sebelumnya, Indonesia disebut bersaing dengan India dan Korea Selatan dalam upaya membangun hub manufaktur vaksin ini, utamanya berkaitan dengan pelatihan dan transfer pengetahuan vaksin di wilayah Asia-Pasifik.

Adapun rencana hub manufaktur Vaksin Covid-19 sendiri merupakan inisiatif dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebagai upaya meratakan distribusi vaksin ke seluruh dunia. (WIL)


3 komentar untuk “Top! Indonesia Bakal Punya Pusat Manufaktur Vaksin Covid-19”

oleh Didantika purnama  1 minggu yang lalu

"Yuk dukung terus upaya pemerintah"

oleh Angelica clavdia  1 minggu yang lalu

"Kerja sama yg membangun dan mengasilkan"

oleh Hilmi fahrezi  1 minggu yang lalu

"Keren bgt, yuk segera dibuat"


Berikan Komentar: