Artikel

Top! Indonesia Kirim 4 Tim Terbaik pada Kompetisi Debat Dunia 2021

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Kompetisi Debat Dunia 2021 untuk jenjang perguruan tinggi atau World Universities Debating Championship (WUDC) akan segera digelar pada 7-17 Juli 2021 di Seoul, Korea Selatan. Indonesia turut mengirimkan empat tim dalam ajang ini.

Pelaksana tugas (Plt) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Asep Sukmayadi mengatakan, empat tim yang dikirim Indonesia merupakan yang terbaik. Mereka adalah juara dalam ajang National Universities Debating Championship (NUDC) 2020 yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Asep merinci, empat tim terbaik Indonesia itu adalah Feliani dan Leonardo dari Universitas Tanjungpura; M. Rizki Akbar Lubis dan M. Zufar Farhan Zuhdi dari Universitas Gajah Mada; Matthew Adith Sagito dan Cheryl Michelin Pangestu dari Universitas Katolik Parahyangan; serta Diah Annisa Aprilia dan Carlitos Imanuel Mamusu dari Universitas Tadulako.

Kompetisi Debat Dunia 2021, kata Asep, bukan sembarang debat. Pasalnya, di balik debat itu ada proses berpikir, logika, dan penempaan karakter yang sangat kuat sehingga menghasilkan ucapan dan argumentasi yang terasah dengan baik.

Meski pandemi, semangat para peserta tidak surut. Biasanya Asep menyebut mereka ditempat secara luring, yaitu pembinaan tatap muka terbatas di Jakarta. Namun situasi pandemi membuat pembinaan harus dilakukan secara daring.

"Dengan semangat yang kita miliki, kita tetap dapat menyelenggarakan dan berpartisipasi dalam kegiatan WUDC ini," tandas Asep dikutip dari Antara, Minggu (10/7).

Kompetisi Debat Dunia 2021 akan dijadikan pembuktian oleh para tim. Asep menegaskan, pihaknya telah berjuang untuk bisa menang dalam kompetisi pada kategori English as Second Language (ESL) atau English as Foreign Language (EFL). (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


0 komentar untuk “Top! Indonesia Kirim 4 Tim Terbaik pada Kompetisi Debat Dunia 2021”
Berikan Komentar: