Artikel

Tujuh Tips Belanja Aman saat Pandemi Covid-19

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Bagi mereka yang masih harus melakukan aktivitas belanja, tips belanja aman saat pandemi Covid-19 berikut ini bisa membantu.

1. Jika memungkinkan, belanja via online

Saat ini, ada banyak pedagang yang menjual produknya secara daring sekaligus menyediakan fasilitas pengantaran. Kita bisa melakukan pemesanan lewat telepon atau aplikasi, kemudian melakukan pembayaran via transfer dan produk dikirimkan ke rumah.

Banyak pedagan sayur dan buah yang menyediakan jasa penjualan produk secara online, cobalah tanyakan pada tukang sayur atau pedagang langganan Anda. Selain itu, bisa juga menggunakan marketplace untuk berbelanja online.

2. Buat daftar belanja

Jika terpaksa harus keluar rumah untuk belanja, lakukan dengan cepat dan tidak bertele-tele. Buatlah daftar kebutuhan belanja untuk menghemat waktu belanja agar lebih singkat.

Pilih lokasi belanja yang sering Anda kunjungi agar tahu di mana letak barang yang dicari sehingga tak perlu membuang waktu mengitari pasar.

3. Pakai masker dengan benar

Item tips belanja aman saat pandemi yang ini wajib untuk ditaati. Pakai dua lapis masker untuk menekan risiko paparan virus Corona ketika berada di luar rumah. Pakai masker dengan benar sepanjang perjalanan. Jangan membuka atau menurunkan masker selama berbelanja atau terpaksa berinteraksi dengan orang lain.

4. Jaga jarak minimal satu meter

Pastikan selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter selama berbelanja. Carilah pedagang di pasar yang lebih sepi atau rak supermarket yang lengang dan tidak ada kerumunan. Jika tidak ada pilihan lain, ambil jarak aman agar tidak berisiko pada kesehatan kita.

Selain itu tips belanja aman saat pandemi juga merekomendasikan penerapan protokol kesehatan selama berada di luar ruangan.

5. Cuci tangan dan bawa hand sanitizer

Selalu cuci tangan menggunakan sabun dibawah air mengalir sebelum dan sesudah keluar rumah. Cuci tangan dengan benar dan menyeluruh bisa mencegah risiko paparan Covid-19.

Sediakan hand sanitizer selama berada di luar ruangan. Gunakan jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan atau setiap kali habis menyentuh permukaan yang berisiko.

6. Hindari mengunjungi banyak tempat

Usahakan berbelanja di satu tempat saja, baik itu pasar atau supermarket. Semakin banyak tempat yang dikunjungi, semakin tinggi risiko terpapar virus.

7. Patuhi peraturan dari pemerintah setempat

Cari tahu aturan yang berlaku di daerah kita seperti PPKM dan penyekatan berbagai ruas jalan. Pastikan tidak menyalahi aturan tersebut.

Itulah tips belanja aman saat pandemi, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


3 komentar untuk “Tujuh Tips Belanja Aman saat Pandemi Covid-19”

oleh Queenzi cicil  3 bulan yang lalu

"Yuk patuhi aturan dan dimulai dari diri sendiri dlu"

oleh Bima utomo  3 bulan yang lalu

"Mantap tipsnya. Jadi nanti harus diterapkan pas belanja"

oleh Erna wati  3 bulan yang lalu

"Selalu dan harus buat daftar belanja sih biar lebih hemat waktu"


Berikan Komentar: