Artikel

Usai Resmikan Bendungan, Presiden Tanam Padi Bareng Petani Trenggalek

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo turut membersamai para petani menanam padi di persawahan Kabupaten Trenggalek, Selasa (30/11). Penanaman padi itu dilakukan Presiden usai meresmikan Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng.

Dalam video yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, tampak Presiden Jokowi mengoperasikan mesin penanam padi atau transplanter. Hal itu sama seperti saat Presiden menanam padi di Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu.

Usai menanam padi Presiden mengatakan, persawahan di sekitar Bendungan Tugu akan jauh lebih produktif. Ia optimis petani bisa tiga kali panen padi dalam waktu satu tahun.

"Dengan adanya Bendungan Tugu, airnya sudah mengalir sampai ke sawah-sawah di sini, akan bisa panen padi tiga kali, palawija sekali sehingga produktivitas setiap hektare yang ada di Kabupaten Trenggalek ini bisa naik secara drastis," katanya.

Presiden juga tampak menyempatkan diri berdialog dengan sejumlah petani yang. Salah satunya adalah Sutrisno yang menyampaikan terima kasih kepada pemerintah karena telah merampungkan pembangunan Bendungan Tugu.

"Bangunan ini sangat ditunggu-tunggu oleh warga masyarakat karena yang pertama bisa mengendalikan banjir di Trenggalek, yang kedua saya selaku petani sawah harapan saya ke depan saya bisa panen tiga kali,” ucap Sutrisno.

Diketahui dua bendungan yang diresmikan Presiden hari ini adalah Bendungan Tugu yang berlokasi di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng yang berada di Kabupaten Bojonegoro. Kedua bendungan ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas sektor pertanian. (WIL)