Artikel

Vaksinasi Indonesia Melaju Pesat, Setara Tiga Kali Populasi Malaysia

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Vaksinasi Covid-19 di Indonesia terus dipercepat. Mengejar terbentuknya herd immunity atau kekebalan komunal, pemerintah dituntut untuk memvaksinasi minimal 70 persen dari total penduduk.

Berdasarkan cakupan vaksinasi per 30 September 2021 kemarin, Indonesia total sudah melakukan vaksinasi sebanyak 142,1 juta suntikan. Angka ini merupakan akumulasi dari penyuntikan dosis pertama dan dosis kedua.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro, capaian tersebut membuat Indonesia mengungguli negara lain di kawasan Asia Tenggara seperti Vietnam dan Malaysia.

"Angka ini hampir sama dengan kita sudah memvaksinasi hampir seluruh populasi Vietnam. Bahkan kalau diibaratkan, kita sudah hampir memvaksin 3 kali populasi Malaysia," katanya mengutip detikcom, Jumat (1/10).

Sementara jika dibandingkan dengan Singapura, Reisa menyebut Indonesia dengan capaian itu sudah setara dengan memvaksinasi populasi Singapura sebanyak 10 kali.

Diketahui, pemerintah juga terus memperluas jangkauan vaksinasi Covid-19 yang mencakup tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik, warga dewasa, warga lanjut usia (lansia), anak-anak pelajar usia 12-17 tahun, hingga warga negara asing (WNA) yang ada di Indonesia.

Khusus untuk tenaga kesehatan, Indonesia juga usdah memberikan vaksinasi booster atau dosis ketiga dengan menggunakan vaksin Moderna. Tenaga kesehatan dinilai perlu diperkuat karena berhadapan langsung dengan pasien Covid-19.

Melansir data vaksin.kemkes.go.id, vaksinasi dosis pertama di Indonesia sudah mencapai 91.079.001 atau 43,73 persen dari target sasaran. Dari angka tersebut, 51.113.360 di antaranya sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua atau setara dengan 24,54 persen dari target.

Adapun target sasaran vaksinasi di Indonesia berjumlah 208.265.720. (WIL)