Artikel

Vaksinasi Massal Pedagang Pasar Tanah Abang

 
 | Arus Baik

Pemerintah menggelar vaksinasi massal di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Rabu, (17/2/2021). Vaksinasi massal yang digelar merupakan vaksinasi tahap 2 kepada pekerja publik dan Lansia.

Menkes Budi Gunadi mengatakan vaksinasi di Pasar Tanah Abang merupakan pilot project seperti pelaksanaan vaksinasi di Istora Senayan beberapa pekan lalu dan ia berharap langkah ini dapat segera selesai dalam waktu singkat kedepannya.

"Sampai hari ini kan sudah didata sekitar 9700an, kita harapkan dalam 5 hari bisa selesai semua," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. 

Vaksinasi massal di pasar Tanah Abang tidak hanya dilakukan di Blok A saja, melainkan juga di blok lainnya. Hanya saja untuk hari ini vaksinasi massal diprioritaskan dilakukan di Blok A Pasar Tanah Abang.

Meski demikian, Kementerian Kesehatan telah menyiapkan ruang khusus unit perawatan intensif (ICU) mini di lokasi vaksinasi yaitu di lantai 8 Pasar Tanah Abang blok A untuk mengantisipasi jika ditemukan peserta yang mengalami KIPI vaksin Covid-19.

Vaksinasi pedagang di Pasar Tanah Abang dilakukan 2 tahap, antara lain tahap pertama dilaksanakan pada 17-21 Februari 2021 dengan total 9.729 orang dilaksanakan di blok A, B, F, G Pasar Tanah Abang, dan tahap kedua pada 22-24 Februari 2021 dengan total 2.267 orang di 5 titik di sekitar Pasar Tanah Abang.

Vaksinasi massal tersebut juga turut dihadiri oleh Presiden Jokowi dengan melakukan inspeksi mendadak di lapangan.

Dalam sidak tersebut, Presiden tampak tiba di Pasar Tanah Abang sekitar pukul 08.52 WIB dan langsung menuju lokasi vaksinasi digelar bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menurut Presiden, vaksinasi yang digelar telah berjalan dengan baik dan diharapkan akan menyasar lebih banyak lagi target vaksinasi selain pedagang.

Sumber: presidenri.go.id, kemkes.go.id