Artikel

Vaksinasi Merdeka, Bebas Corona di Hari Kemerdekaan

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Kepolisian meluncurkan program Vaksinasi Merdeka bagi warga Jakarta. Program vaksinasi ini menargetkan 3 juta warga DKI yang divaksinasi hingga hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2021 mendatang.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan vaksinasi merdeka merupakan strategi vaksinasi bersama dari berbagai pihak yang akan dilaksanakan untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus.

"Semua yang terlibat memiliki semangat yang sama bahwa di kegiatan 'vaksinasi merdeka' ini untuk mewujudkan herd immunity dengan cara mengejar sisa masyarakat yang belum divaksinasi, tadi targetnya ada 3 juta lebih yang akan divaksinasi," kata Kapolri dikutip dari Detik.com, Senin (2/8).

Kapolri Sigit memberikan apresiasi pada Polda Metro Jaya yang menginisiasi gerakan vaksinasi merdeka. Dia juga meminta agar melibatkan seluruh pihak agar bisa menyasar masyarakat di tingkat RW.

“Saya apresiasi, DKI dalam hal ini Polda Metro Jaya menjadi inisiatornya dan tentunya strategi dengan mendekatkan kegiatan vaksinasi sampai dengan tingkat RW ini tentunya membutuhkan kekompakan, pengorganisasian yang kuat dan keterlibatan seluruh pihak," ujarnya.

Mantan Kapolda Banten ini berharap daerah lain bisa mencontoh program vaksinasi merdeka. Sehingga mempercepat herd immunity di Indonesia agar pertumbuhan ekonomi juga bisa berkembang.

"Target kita, target pemerintah untuk segera mempercepat herd immunity, metro di Jakarta harapannya di 17 Agustus, di tempat-tempat yang lain saya harapkan juga bisa melakukan hal yang sama atau segera menyusul sehingga kegiatan ini dalam upaya akselerasi mewujudkan herd immunity ini betul-betul dilaksanakan di seluruh wilayah," imbuhnya.

Menurutnya, salah satu syarat utama agar pertumbuhan ekonomi bisa berjalan adalah kesehatan. Prioritas kesehatan masyarakat merupakan syarat mutlak agar seluruh aktivitas masyarakat bisa berjalan, dengan demikian ekonomi pun bisa berkembang.

Gerakan Vaksinasi Merdeka akan diselenggarakan di 668 titik Gerai Vaksinasi yang tersebar di 900 RW, yang berada di Jakarta. Program vaksinasi ini melibatkan 4.500 relawan yang terdiri dari 1.800 orang tenaga medis dokter pelaksana screening dan vaksinator dan 2.700 orang non-tenaga medis observator dan input administrasi.

Mulai 1 Agustus, target yang akan dicapai adalah 200 suntikan per RW per hari. Sehingga diharapkan dapat mencapai 3.060.000 suntikan pada saat hari kemerdekaan RI ke-76 tanggal 17 Agustus nanti. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: