Artikel

Vaksinasi Pelaku Usaha, Biar Konsumen Tenang Belanja

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pelaksanaan vaksinasi kepada para pelaku usaha perdagangan di pusat perbelanjaan Thamrin City pada Senin (3/5).

“Pagi hari ini saya melihat, meninjau program vaksinasi yang dilakukan di Thamrin City dan Grand Indonesia, ini dalam rangka agar seluruh pelayan toko dan yang berusaha di kawasan pertokoan, di mal, semuanya bisa divaksinasi,” ujar Presiden dalam keterangan persnya.

Melalui program vaksinasi yang terus digulirkan pemerintah ini, Presiden optimistis akan dapat berkontribusi pada upaya memperlambat laju pandemi.

“Kita harapkan itu bisa memperlambat, mengurangi, dan menghilangkan penyebaran COVID-19,” kata Presiden.

Selain itu, Presiden juga menyempatkan meninjau pelaksanaan vaksinasi di Mal Grand Indonesia, Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Presiden kembali mengingatkan seluruh masyarakat untuk tetap memakai masker. Salah satu poin dalam protokol kesehatan tersebut dinilainya sebagai hal utama dalam mencegah penularan virus Covid-19.

“Saya ingin terus mengajak kita semuanya untuk ke mana pun selalu, utamanya selalu memakai masker. Memakai masker! Memakai masker!” ujar Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Kepala Negara juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kewaspadaan dalam rangka kesiapsiagaan dalam menghadapi risiko penularan dan penyebaran Covid-19 yang masih ada saat ini.

“Kita harus tetap benar-benar waspada, tetap tidak boleh lengah, tidak boleh menyepelekan yang namanya Covid,” ujarnya, Minggu (2/5).

Sejak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro yang disertai kebijakan vaksinasi massal, kurva kasus Covid-19 di Indonesia dilaporkan melandai.

Meski demikian, di tengah perkembangan positif tersebut, Kepala Negara mengingatkan agar seluruh pihak tak lekas berpuas diri dan bereuforia. Perkembangan positif dari upaya penanganan pandemi beberapa waktu terakhir tersebut bukan berarti situasi pandemi telah terkendali sepenuhnya.

“Kita semua, baik yang sudah divaksin maupun yang belum divaksin, baik yang berada di zona merah, zona oranye, zona kuning, dan zona hijau harus tetap berdisiplin menjalankan protokol kesehatan; memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” tegasnya. (ACD)