Artikel

Warganet Doakan Keselamatan Awak Kapal Selam Nanggala-402

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Kapal selam Nanggala-402 milik TNI Angkatan Laut yang hilang kontak di Perairan Bali masih belum ditemukan hingga saat ini.

Proses pencarian pun masih terus berlangsung dengan mengerahkan sejumlah KRI dan helikopter TNI AL, serta bantuan dari sejumlah negara tetangga.

Kepala Staf TNI AL, Laksamana Yudo Margono mengatakan, berbagai cara telah diupayakan untuk menemukan kapal yang berisi 53 awak tersebut.

Pencarian, kata dia, terus diupayakan semaksimal mungkin mengingat cadangan oksigen dalam kapal tersebut diperkirakan bertahan hingga 72 jam, atau tiga hari sejak menyelam.

Diketahui, kapal selam Nanggala-402 mulai menyelam pada Rabu (21/4) pukul 03.46. Sehingga, cadangan oksigen akan bertahan hingga Sabtu (24/4) pukul 03.00.

"Jadi kurang lebih tiga hari, kalau kemarin hilang kontak jam tiga, nanti bisa hari Sabtu jam 3," ujarnya dalam keterangan pers, Kamis (22/4).

Hilangnya kapal selam Nanggala-402 mengundang keprihatinan luas dari kalangan masyarakat baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

Di jejaring media sosial Twitter, tagar KRI Nanggala-402 menjadi trending topik. Selain informasi mengenai perkembangan pencarian, tagar tersebut juga berisi doa dan harapan warganet agar kapal segera ditemukan dan seluruh awak selamat.

"Semoga kapal selam KRI Nanggala-402 segera ditemukan. aamiin ya robbal'alamiin..," tulis pemilik akun @denaaadf.

Sementara pemilik akun @SatriaM41269910 mengajak masyarakat menjadikan momen bulan Ramadan untuk mendoakan keselamatan awak kapal Nanggala-402.

"KRI Nanggala 402 belum dipastikan keberadaannya sampai sekarang. Ketersediaan oksigen di dalam kapal bertahan sampai Sabtu pagi. Masih ada waktu untuk berjuang dan menyelamatkan kapal dan 53 kru prajurit TNI AL. Momen bulan Ramadan kita bersama berdoa dengan keikhlasan," tulisnya.

"Semoga kru KRI Nanggala 402 bisa segera terselamatkan," tulis pemilik akun @noorindra seraya membagikan berita bahwa Singapura turut membantu pencarian dengan mengirimkan kapal MV Swift Rescue.

Hingga berita ini dirilis, tagar KRI Nanggala 402 sudah mencapai 17,9 cuitan di Twitter. (WIL)