Artikel

Wow! Ambon New Port Akan Jadi Lumbung Ikan Nasional

 
 | Arusbaik

Pemerintah bergerak cepat untuk mewujudkan lumbung ikan nasional di kawasan Indonesia Timur dengan membangun Ambon New Port di Provinsi Maluku dengan total perencanaan pengembangan seluas 900 hektare.

“Untuk mewujudkan sentra lumbung ikan nasional, tidak cukup hanya mengembangkan pelabuhan-pelabuhan yang ada. Kita butuh satu pelabuhan lagi yang terintegrasi dengan kawasan,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan yang dilakukan secara virtual usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di kantor Presiden (29/3).

Pembangunan Ambon New Port akan dimulai tahun ini dengan nilai investasi mencapai Rp5 triliun. Dana itu sebagian akan digunakan untuk membebaskan tanah seluas 200 hektare dari 900 hektare yang direncanakan. Sedangkan 700 hektare lainnya akan dibebaskan oleh swasta.

“Pembebasan 200 hektare lahan yang dilakukan pemerintah untuk memersiapkan infrastruktur dasar. Setelah itu akan dilakukan lelang Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yang investasinya kurang lebih Rp5 triliun, dan untuk tahap awal Rp1,3 triliun," papar Budi.

Pembangunan Ambon New Port ditargetkan bisa selesai dalam waktu dua tahun. Untuk sementara, pemerintah akan mengoptimalkan dua pelabuhan yang ada di Kota Ambon, yakni Pelabuhan Yos Sudarso dan Perikanan Nusantara.

Rencana pembangunan Ambon New Port kembali mengemuka saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Maluku. Dalam kunjungannnya, Presiden mengatakan Ambon New Port akan dibangun dengan konsep pelabuhan terintegrasi dan akan menjadi pusat pertumbuhan industri pengolahan ikan dan konsolidasi kargo dari wilayah Indonesia Timur. 

Secara agregat, total potensi ikan di Indonesia mencapai 12,54 juta ton per tahunnya. Indonesia Timur merupakan salah satu kawasan dengan sumber daya laut luar biasa.

Kepala Badan Riset Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sjarief Widjaja seperti dikutip Okezone, menginformasikan bahwa Laut Banda yang berada di Kepulauan Maluku merupakan salah satu sumber ikan tuna terbesar di dunia.


6 komentar untuk “Wow! Ambon New Port Akan Jadi Lumbung Ikan Nasional”

oleh reginaa  6 bulan yang lalu

"mantap indonesia makin maju kalo difasilitasi dengan baik"

oleh Berliana joseph  6 bulan yang lalu

"Makin keren indonesiaa"

oleh Nama selviana mendrofa  6 bulan yang lalu

"Keren banget pak presiden ada pelabuhan ikan baru lagi pak"


Berikan Komentar: