Artikel

Wow, Generasi Z Merasa Puas Dengan Kinerja Jokowi

 
 | Arusbaik

Arusbaik.id - Popularitas Presiden Jokowi di kalangan Generasi Milenial dan Generasi Z masih tinggi. Fakta ini terungkap dari hasil survei Indikator Politik Indonesia, lembaga survei independen yang telah menjalankan jajak pendapat tentang kinerja Presiden.

“Suara Anak Muda Terhadap Isu-Isu Sosial Politik Bangsa” menjadi tema utama pada survei yang diadakan secara virtual itu. Survei itu diselenggarakan antara tanggal 4 hingga 20 Maret 2021, dilakukan melalui kontak telpon, mengingat situasi pandemi.

Pertanyaan mendasar yang diajukan kepada responden adalah, "Secara umum, apakah sejauh ini anda sangat puas, cukup puas, kurang puas, atau tidak puas sama sekali dengan kinerja Presiden Joko Widodo?” Hasil survei diumumkan Minggu (21/3).

Dari hasil survei, terlihat mayoritas anak muda di berbagai daerah mengaku puas dengan kinerja Jokowi. Mayoritas responden anak muda pada survei ini adalah Generasi Z, generasi yang lahir pasca reformasi, yang sekarang berusia antara 17 sampai 21 tahun.

Hasil paling mencolok terlihat di Jawa Tengah, di mana 86,2 persen anak muda mengaku puas dengan kinerja Jokowi hingga di periode kedua ini. Di Jakarta, survei itu mendapati hanya 9,6 persen yang merasa tidak puas dengan kinerja mantan Gubernur Jakarta itu.

Survei itu juga mengungkap, di kalangan masyarakat berpendidikan SD ke bawah, masyarakat Sulawesi dan masyarakat etnis Minang, tingkat kepuasan terhadap Jokowi terlihat berimbang. Namun secara umum 58,6 persen anak muda menyatakan “cukup puas” dan 6,1 persen anak muda menyatakan “sangat puas”.